Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali dan Mempelai Pria

Lafadz ijab qobul bahasa Arab - Proses ijab kabul adalah hal yang paling utama dalam sebuah pernikahan. Di Indonesia, ada yang melakukan ijab qobul dalam bahasa Arab dan ada juga yang menggunakan bahasa Indonesianya. Untuk anda yang ingin melafalkannya dalam bahasa arab, maka dalam artikel ini akan dibagikan bacaan ijab qabul dalam bahasa Arab beserta teks latin serta arti dan terjemahannya.

Dalam agama Islam, menikah adalah suatu hal yang sakral dan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Menikah berpahala dan sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Islam sendiri mengatur proses dan tata cara menikah,, termasuk tentang hukum pernikahan. Ada banyak rangkaian kegiatan yang mesti dilakukan dan dipenuhi agar pernikahan kita sah secara syariat agama dan istri atau suami kita menjadi halal untuk kita.

Salah satu yang paling penting dan hukumnya wajib adalah proses ijab qabul. Ijab qabul sendiri adalah proses dimana wali yang ditunjuk mewakili mempelai wanita menikahkan atau melafadzkan bacaan ijab kepada calon mempelai pria. Selanjutnya mempelai pria menjawabnya dan ini disebut dengan bacaan qobul. Semuaitu dilakukan dengan adanya saksi.

Proses ijab qabul dalam bahasa Indonesia mungkin mudah dipahami dan banyak yang sudah hafal di luar kepala. Namun bagaimanakah dengan proses ijab qabul dalam bahasa Arab? Banyak juga pasangan yang melakukan proses ijab qabul dalam bahasa Arab, sehingga mempelai wajib untuk menghafal lafadz ijab qabul dalam bahasa Arab.



Ijab Kabul Bahasa Arab dan Artinya


Nah berikut ini akan dibagikan lafadz bacaan ijab qobul dalam bahasa Arab beserta teks latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Ijab dibaca oleh walinya

اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَ الرَّحِيْمِ

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ … ×3 مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِيْ وَالذُّنُوْبِ وَاَتُوْبُ ِالَيْهِ
اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ * وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ للهِ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ
وَعَلى آلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِـعَهُ وَنَصَـَرهُ وَمَنْ وَّالَهُ – وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ اَمَّا بَعْدُ :
أُوَصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَي الله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْن


Ya Fulan bin Fulan uzawwijuka ‘ala ma amarollohu min imsakin bima’rufin au tasriihim bi ihsanin, ya fulan bin fulan (jawab: na’am/labbaik) ankahtuka wa zawwaj-tuka makhthubataka fulanah binti fulan bi mahri mushaf alquran wa alatil ‘ibadah haalan


Artinya :

Saudara fulan bin fulan (dijawab: ya saya). saudara saya nikahkan dan kawinkan fulanah binti fulan dengan mahar sebuah mushaf Alquran dan perlengkapan sholat secara tunai."

Catatan :
  • Fulan bin fulan diganti dengan nama mempelai pria.
  • Fulan binti fulan diganti dengan nama mempelai wanita.
  • Mushaf alquran wa alatil ‘ibadah diganti menyesuaikan mahar yang akan diberikan.

Bacaan Qobul dibaca oleh mempelai pria

قَبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيـْجَهَا بِالْمَهْرِالْمَذ ْكُوْرِ

Qobiltu nikaahahaa wa tazwiijahaa bil mahril madz-kuur

Artinya : 

Aku terima nikahnya dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan tunai.

Nah itulah info mengenai lafadz bacaan ijab qobul dalam bahasa arab untuk wali dan untuk mempelai pria yang benar menurut Islam. Semoga ini bermanfaat bagi siapapun yang akan menikah dengan menggunakan bacaan ijab qobul dalam bahasa Arab. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali dan Mempelai Pria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel