Kumpulan Amalan Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Lengkap

Amalan Ibu Hamil - Kali ini akan dibahas tentang kumpulan amalan untuk ibu hamil agar mudah melahirkan menurut islam lengkap. Doa, dzikir dan wirid dibawah ini hendaknya dibaca sebagai amalan sehari hari agar ibu mengandung bisa sehat dan selamat hingga melahirkan.

Bagi ibu hamil yang sedang mengandung sang jabang bayi, tentulah berbagai macam cara dilakukan agar semua proses kehamilan berjalan lancar mulai dari masa mengandung selama sembilan bulan hingga proses bersalin/melahirkan. menjaga kesehatan dengan mengkonsmsi makanan sehat yang penuh gizi serta melakukan berbagai aktifitas yang menunjang agar proses kehamilan berjalan baikpun akan dilakukan oleh sang ibu.

Namun berbagai cara apapun tidak akan sempurna dan berkah tanpa memohon pertolongan Tuhan yang maha esa ALLAH SWT. dialah yang meghidupkan dan mematikan. dialah yang memberi kita semua keturunan. ditangannya lah semua kuasa berada. maka sudah seharusnya kita sebagai orang tua untuk terus menerus berdoa kepadanya dan mengerjakan berbagai amalan untuk ibu hamil agar semuanya berjalan dengan lancar.

Selain mengerjakan ibadah wajib serta memperkuat iman dengan mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya yang memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat islam. kita pun seyogyanya memperbanyak amalan amalan sunnah seperti berdzikir, bersholawat, membaca Al Quran, hingga memperbanyak sholat sunnah. banyak yang bertanya tanya apakah ada amalan ibu hamil atau doa yang bagus dan baik bagi ibu yang sedang mengandung. jawabannya tentu saja ada. anda bisa memperbanyak membaca Al Quran saat sang janin bayi masih dalam rahim/kandungan. hal ini baik bagi sang ibu maupun bagi janin bayi kita.

Sedangkan untuk amalan amalan bagi ibu saat hamil kita bisa meniru dan mencontoh amalan amalan para ulama dan salaf terdahulu yang Insyaallah memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi wanita yang sedang menjalani proses kehamilan mulai dari bulan pertama/hamil muda hingga bulan terakhir/hamil tua serta sampai menjelang kelahiran. besar harapan bagi ibu hamil dengan membaca amalan amalan baik berupa doa dan wirid maka kelak anaknya lahir dengan selamat, sempurna sehat jasmani dan rohani dan menjadi anak yang sholeh sholehah Insyaallah.

Adapun apa saja amalan ibu hamil yang dimaksud, berikut ini kami sajikan kumpulan amalan untuk ibu hamil dalam islam yang ampuh dan mustajab secara lengkap. daftar amalan dibawah ini terdiri dari bacaan doa doa dan lafadz dzikir yang ditulis dalam teks arab dan beberapa doa terdapat arti/terjemahan bahasa indonesia untuk memudahkan dalam memahami maknanya. kumpulan amalan amalan dibawah ini juga cukup praktis dan mudah untuk diamalkan karena doa doanya pendek dan tidak terlalu panjang. . .

Kumpulan Amalan Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Lengkap

Amalan Ibu Hamil



Amalan Untuk Ibu Hamil Supaya Mudah Melahirkan


Amalan ibu hamil yang insyaallah kan memudahkan wanita dalam proses melahirkan adalah sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Adzkar yang diambil dari hadist Rasulullah SAW dan telah diamalkan oleh para salaf terdahulu yaitu sebagai berikut . . .

Diawali Dengan Membaca Ayat Kursi


اللهُ لآَ إِلَهَ إِلاَّ هُوََ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمُُ لَّهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيم

Lalu Membaca Ayat Dibawah ini Sebanyak 3 Kali


إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ اْلأَرْضَ فِيْ سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى اْلعَرْشِ.يُغْشِيْ اْللََّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيْثًا وَّالشَّمْسَ وَ اْلقَمَرَ وَ النُّجُوْمَ مُسَخَّرَاتِ بِأَمْرِهِ.أَلاَ لَهُ اْلخَلْقُ وَاْلأَمْرُ.تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ اْلعَالَمِيْن

Kemudian Membaca Surah Al Ikhlas, Mu’awidzatain dan Al Fatihah

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ هُوَ اللهُ أَحَـدٌ. اَللهُ الصَّمَـدُ. لَمْ يَلِـدْ وَلَمْ يٌوْلَـدْ. وَلَمْ يَكُـنْ لَهُ كُفُـوًا أَحَـدٌ

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، مِنْ شَرِّ ماَ خَلَقَ، وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ، وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَد

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ، مَلِكِ النَّاسِ، إِلَهِ النَّاسِ، مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ، اَلَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِي صُدُوْرِ النَّاسِ، مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ. آمِيْنِ

Kemudian Perbanyaklah Membaca Doa Alkarb

لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ العَظِيْمُ اْلحَلِيْمُ،لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ رَبُّ اْْلعَرْشِ اْلعَظَيمِْ،لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ

Amalan Untuk Ibu Hamil Jika Sulit Melahirkan


Ketika dirasa sulit untuk melahirkan, ibu hamil bisa membaca do di bawah ini yang merupakan doanya Sayyidah Maryam. . .

ﺤﻨﺎ ﻭﻟﺪﺖ ﻤﺭﻴﻡ ﻭﻤﺭﻴﻡ ﻭﻟﺪﺖ ﻋﻴﺴﻰ ﺍﺨﺮﺝ ﺍﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺪ ﺒﻗﺪﺮﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺪ

“Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat ‘Iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi”.

Ketika Nabi Isa dan Nabi Yahya berjalan bersama-sama ke suatu daerah, beliau mendengar suara wanita yang sedang mengerang karena sulit dalam melahirkan. Kemudian Nabi Isa berkata kepada Nabi Yahya untuk membacakan doa seperti doa di atas. Setelah dibacakan doa tersebut, wanita tersebut bisa melahirkan dengan mudah. 

Amalan Ibu Hamil Agar Diberi Anak Yang Sholeh


رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin, waj’alna lil muttaqiina imaama.

Artinya : Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74).

Amalan Bagi Wanita Agar Cepat Diberi Anak


Amalan ini adalah Doa Nabi Ibrahim AS ketika belum mempunyai anak

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya : Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (As-Shaffat: 100)

Amalan Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran


Diriwayatkan dari Habib Ahmad bin Hasan Al-Attos, seorang alim dan wali Allah dari negeri hadromaut. bahwasannya jika ingin anak yang dikandung tidak mengalami keguguran maka dianjurkan kepada ibunya untuk meletakkan tangannya di atas perutnya seraya mem­baca dzikir dibawah ini sebanyak tujuh kali.

7x  يَاحَسِيْبُ 

Dzikir diatas dibaca setiap habis sholat 5 waktu dan jika ditakdirkan keguguran maka akan gugur dalam keadaan hidup Insyaallah.

Amalan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Laki Laki


Diriwayatkan dari para ulama bahwasannya jika seseorang menginginkan anak yang dilahirkannya berjenis kelamin laki-laki hendaklah sang suami sesering mungkin terutama pada bulan pertama meletakkan tangannya di atas perut istrinya seraya membaca doa di bawah ini

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَللّهُمَّ إِنِّيْ أُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا

Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya saya memberi nama apa yang ada dalam perutnya Muhammad, maka jadikanlah ia untukku seorang laki-laki.

Amalan Bacaan Surat Al Quran Untuk Ibu Hamil


Dianjurkan bagi ibu hamil untuk lebih sering membaca Al-Quran surat apapun terutama surah surah yang dikhususkan bagi ibu yang sedang mengandung seperti surat surat dibawah ini . . .

Al Mu’minun ayat 12-14
Yusuf ayat 1-16
Lukman ayat 14
Ar Rahman ayat 1-78
Maryam ayat 1-15
Al Imran 35
Al Imran 36 ( Dibaca ibu hamil setelah melahirkan)

Para ulama mengatakan jika sang istri dianjurkan membaca surat maryam sedangkan suaminya membaca surat yusuf, namun Habib Mundzir menjelaskan bahwa membaca surat Muhammad adalah lebih manjur dan afdhol untuk dibaca baik oleh istri maupun suami untuk kelancaran proses kehamilan.

Dianjurkan pula memperdenarkan sang bayi yang madih dalam kandungan dengan lantunan Al-Quran baik dibaca oleh kedua orang tua maupun diputar dari media pemutar karena hal ini baik bagi sang buah hati di dalam kandungan.

Amalan Doa Harian Bagi Ibu Hamil


Doa dibawah ini diajarkan oleh Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf bagi ibu yang sedang hamil dan dibaca setiap habis sholat lima waktu . . .

بسم الله الرّحمن الرّحيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد، اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِي وَاشْفِهِ مَعَ أُمَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيِّكَ وَ رَسُوْلِكَ، أَنْتَ شَافٍ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ شِفَاءً عَاجِلاً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا،اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً،وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ،اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِيْ سَهْلاً وَسَلِيْمًا فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَتَقَبَّلْ دُعَاءَنَا كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءَ نَبِيِّكَ وَ رَسُوْلِكَ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ،اللَّهُمَّ احْفَظِ اْلوَلَدَ الَّذِيْ أَخْرَجَكَ مِنْ عَالَمِ الظَّلاَمِ إِلَى عَالَمِ النُّوْرِ وَ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفَا،اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ شَهِيْدًا وَ مُبَارَكًا وَعَالِمًا وَ حَافِظًا مِنْ كَلاَمِكَ اْلمَكْنُوْنِ وَكِتَابِكَ الْمَحْفُوْظِ،اللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَ صَحِّحْ جَسَدَهُ وَأَفْصِحْهُ لِقِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَبْرًا مِنَ اْلمَرَضِ وَ اْلأَسْقَامِ وَالْعَطَشِ بِبَرْكَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلهِ وَ سَلَّمَ وَ جَمِيْعِ اْلأَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَ اْلمَلاَئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، إِنَّ اللهَ وَ اْلمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيْ يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا،وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اْلحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.آمين

Amalan Untuk Suami Jika Istri Akan Melahirkan


Kemudian bagi suami dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa dibawah ini ketika istrinya sudah ada tanda-tanda akan segera melahirkan . . .

حَنَّا وَلَدَتْ مَرْيَم، مَرْيَم وَلَدَتْ عِيْسَى أُخْرُجْ أَيُّهَا اْلمَوْلُوْدُ بِإِذْنِ اْلمَلِكِ اْلمَعْبُوْدِ

Amalan Ibu Hamil Setelah Proses Melahirkan


Apabila bayi telah lahir maka lakukanlah sebagiamana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yaitu dengan mengumandangkan adzan ditelinga kanan dan iqomat ditelinga kiri sang bayi . . .

الله اكبر الله اكبر x٢
اشهد ان لااله الا الله x٢
اشهد ان محمدارسول الله x٢
حي علي الصلاة x٢
حي علي الفلاح x٢
الله اكبر الله اكبر x١
لا اله الا الله

Kemudian membaca surah Al Ikhlas

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُل ْهُوَ اللهُ أَحَـدٌ. اَللهُ الصَّمَـدُ. لَمْ يَلِـدْ وَلَمْ يٌوْلَـدْ. وَلَمْ يَكُـنْ لَهُ كُفُـوًا أَحَـدٌ

Dan diantara amalan salafunasholeh membacakan surat Al Qadr dengan meletakkan tangan diatas kepala anak kecil atau masih bayi, brikut bacaan surat Al Qadar . . .

بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ﴿١
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿٢
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ﴿٣
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ﴿٤
سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ﴿٥

Kemudian membacakan surat Alam Nasrah dengan meletakkan tangan di dada anak kecil atau sang bayi, berikut bacaan suratnya . . .

بسم الله الرحمن الرحيم
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ ﴿١
وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ ﴿٢
ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ ﴿٣
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ ﴿٤
فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا﴿٥
إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦
فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ ﴿٧
وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب ﴿٨

Dianjurkan pula seperti dalam kitab Alfawaidul Mukhtar oleh Habib Zein bin Sumaith yang dinukil dari amalan para salaf agar orang tua memegang kepala bayi atau anaknya sambil membaca doa berikut ini masing masing sebanyak tujuh kali . . .

الشَّهِيْد الشَّهِيْد x7 البَارُ البَارُ x7

Disebutkan didalam nasehat Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi tentang amalan diatas insyaallah kelak ketika dewasa akan menjadi anak yang sholeh sesuai apa yang diharapkan oleh orang tuanya.

Jika perilaku dan sikap anak-anak anda tidak sesuai dengan tabiat anda yaitu tidak berperilaku dan berbudi pekerti baik, maka doakanlah mereka dengan membaca doa dibawah ini . . .

اللَّهُمَّ بَارِكْ فِي أَوْلاَدِيْ،وَ احْفَظْهُمْ وَ لاَ تَضُرَّهُمْ،وَ ارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Dan selesai sudah artikel berjudul Kumpulan Amalan Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Lengkap. dianjurkan bagi ibu ketika hamil untuk mengamalkan bacaan doa dan amalan ibu hamil diatas secara istiqomah dengan harapan ALLAH SWT memudahkan kelahiran/persalinan anak kita. ingatlah wahai para ibu muslimah, hakikatnya kelancaran dan selamatnya proses kelahiran anak kita ada di tangan ALLAH SWT, bukan atas usaha anda atau orang lain. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan