Sifat Jaiz Bagi Allah SWT dan Penjelasannya

Sifat Jaiz ALLAH SWT - Selain memiliki sifat wajib dan sifat mustahil yang wajib diyakini dan diimani oleh setiap umat islam. Allah SWT juga memiliki sifat jaiz. sifat jaiz ALLAH SWT hanya ada satu saja yaitu Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu.

Sifat Jaiz Bagi Allah SWT adalah sifat yang mungkin boleh dimiliki dan boleh tidak dimiliki oleh Allah SWT. maksudnya disini boleh melakukannya atau meninggalkannya. Allah sangat berkuasa untuk membuat sesuatu atau tidak membuatnya.

Seperti yang telah dijelaskan diatas sifat Jaiz Allah SWT hanya ada satu yaitu Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu, artinya  Allah itu berwenang untuk menciptakan dan berbuat sesuatu atau tidak sesuai dengan kehendak-Nya.

Sifat ini menegaskan bahwa ALLAH SWT hak penuh untuk melaksanakan sesuatu sesuai kehendaknya tanpa ada paksaan. tidak ada satupun di dunia ini yang bisa memaksa ALLAH SWT dengan cara apapun karena terjadinya sesuatu atau tidak terjadinya sesuatu mutlak ada pada kekuasaan ALLAH SWT.

Baca Juga : Doa Sujud Syukur

Bisa juga dikatakan bahwa tidak wajib bagi Allah SWT membuat sesuatu seperti menghidupkan atau mematikan tapi Allah SWT mempunyai hak mutlak untuk memnghidupkan atau mematikan.

Dalil Al-Quran Tentang Sifat Jaiz ALLAH SWT


Hal hal yang berkaitan dengan sifat jaiz Allah SWT bisa dilihat dari beberapa firman ALLAH SWT dalam Al-Quran. berikut ini beberapa ayat ayat yang menjelaskan mengenai sifat jaiz ALAH SWT yaitu bagaimana ALLAH SWT berkuasa atas segala sesuatunya. . .

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). (al-Qashash 68)

وَللَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

”Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (al-Ma’idah: 17)

    قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Q.S. ali-Imran 26]

Intinya adalah ALLAH SWT maha berkuasa atas segala sesuatu yang terjadi dan ALLAH SWT berhak dan berwenang untuk melakukan sesuatu karena dialah Tuhan yang maha kuasa atas segala sesuatunya. dan selesai sudah penjelasan singkat tentang sifat jaiz Allah SWT kali ini. semoga bermanfaat dan bisa menmbah keimanan kita semua. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan