Rukun-Rukun Mandi Wajib dan Penjelasannya

Rukun-Rukun Mandi Wajib dan Penjelasannya - Mandi wajib adalah salah satu aktifitas yang masuk dalam BAB thaharah atau bersuci dalam islam yang wajib diketahui oleh kaum muslimin. mandi wajib sendiri bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan hadast besar. baik pria maupun wanita wajib hukumnya untuk melaksanakan mandi wajib jika mereka dalam keadaan berhadast besar.

Tata cara mandi wajib sendiri telah diatur dalam islam, mulai dari sebab sebab melakukan mandi, syarat sahnya, sunnah sunnahnya, hingga yang akan kita bahas kali ini yaitu fardhu dan rukun rukun mandi wajib/mandi besar. rukun mandi wajib sendiri hanya ada 2 saja sehingga proses dan tata cara mandi wajib/mandi junub tidaklah susah. namun alangkah baiknya dan lebih afdhol jika kita tetap menjaga sunnah sunnahnya seperti membaca basmallah dan berwudhu sebelum mandi, mengulang basuhan/siraman sebanyak tiga kali dan seterusnya.

Baca Juga : Teks Bacaan Sholawat Nuril Anwar dan Khasiatnya

Dan untuk lebih jelasnya, ini dia Rukun-Rukun Mandi Wajib yang baik dan benar lengkap beserta Penjelasannya. perlu diketahui tidak sah mandi wajib dalam rangka menghilangkan hadast besar jika seorang muslim tidak mengerjakan 2 rukun/fardhu dibawah ini . . .

rukun mandi wajib

Rukun Mandi Wajib


1. Niat


Yaitu berniat dan bermaksud menghilangkan hadast besar dan niat dilakukan pada awal/pertama kali membasuh atau menyiram anggota tubuh. Adapun lafadz bacaan niatnya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغَسْلَ لِرَفْعِ الحَْدَثِ الأَكْبَرِ فَرْضًا لله تَعَالَى

Teks Latin : Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa.

Artinya : Saya berniat mandi (wajib) untuk mengangkat hadats besar, fardhu karena Allah ta’ala.

2. Meratakan Air ke Seluruh Bagian Tubuh


Yakni mengalirkan air dan meratakannya ke seluruh anggota tubuh dan badan dengan sempurna yakni mulai ujung rambut hingga ujung kaki serta menyingkirkan segala penghalang pada kulit yang dapat menghalangi sampainya air hingga air menyeluruh ke seluruh tubuh. Jangan sampai ada sesuatu yang dapat menghalangi sampainya air pada kulit semisal kotoran yang ada di bawah kuku, cat dan lain sebagainya.

Sekian artikel mengenai BAB Rukun-Rukun Mandi Wajib dan Penjelasannya lengkap. dengan hanya menjalankan dua rukun dan fardhu mandi wajib diatas maka proses mandi besar/mandi junub anda telah selesai dan sah menurut syariat islam. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan