Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa ini hendaknya dibaca saat akan memotong hewan kurban. Berkurban sendiri sangatlah dianjurkan dalam islam. ALLAH SWT berfirman dalam surat Al Kautsar ayat 2 yang artinya "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah".

Momen dimana kita berqurban dan menyembelih hewan adalah saat hari raya idul adha, di waktu idul adha' inilah syiar kurban didengungkan dimana-mana. Selain idul adha, biasanya masyarakat juga menyembelih hewan dalam rangkat aqiqah putra putri mereka.

Namun dalam proses penyembelihan hewan sendiri ada tata caranya yang mesti diperhatikan. Beberapa hal yang wajib dilakukan adalah harus dengan menyebut nama ALLAH SWT, kemudian ada kesunnahan yang bisa dilakukan agar ibadah kurban kita lebih sempurna lagi. Mulai dari membaca basmalah, bersholawat hingga membaca doa menyembelih hewan qurban milik sendiri atau untuk milik orang lain.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang qurban, berikut beberapa ayat Al-Quran dan hadits Nabi muhammad SAW yang menjelaskan tentang qurban :

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا - متفق عليه

“Sesungguhnya Rasulullah S.A.W menyembelih dua domba putih yang bertanduk dengan tangannya sendiri, seraya mengucapkan basmalah dan bertakbir. Beliau meletakkan kakinya disamping leher domba (H.R. Bukhori-Muslim).

 فَكُلُواْ مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

Artinya: Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya. (Al An'am 118)

وَلا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ

Artinya: Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.(Al An'am 121)

Hal hal yang diperhatikan adalah hewan ternak yang akan dikorbankan tersebut haruslah sehat, lalu diperhatikan jenis hewan kurbannnya, umur dan kondisi hewan kurban tersebut harus bebas dari cacat. Semua hal tersebut juga berlaku saat kita memotong hewan dengan tujuan dan niat aqiqah. Doa menyembelih hewan aqiqah pun kurang lebih sama. Intinya adalah tidak lupa menyebut nama ALLAH SWT saat menyembelih hewan.

Lalu bagaimana bacaan doa yang dibaca ketika menyembelih hewan kurban ? Simak berikut ini doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menyembelih Hewan Qurban


1. Membaca “Bismillahirrahmanirrahim”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Membaca sholawat untuk Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Membaca doa menyembelih hewan qurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Atau bisa dengan menggunakan doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّي

 Pembagian Daging Qurban

1.  Udlhiyah wajib (nadzar atau ditentukan)

Seluruh daging harus disedekahkan dan tidak boleh bagi orang yang berkurban atau keluarga yang wajib dinafkahi untuk memakan sedikitpun. Jika tetap dilanggar , maka wajib mengganti seukuran yang dimakan baik berupa daging atau harganya. Keharaman ini berlaku juga bagi wakil dan keluarga yang wajib dinafkahi.

2.  Udlhiyah sunnah

Ada beberapa tata cara pembagian daging qurban yang didunnahkan yaitu :

  • Paling utama dengan mengambil sedikit untuk dikonsumsi sendiri dengan tujuan tabarruk (keberkahan) lalu mensedekahkan sisanya kepada fakir miskin.
  • Mensedekahkan sedikit saja untuk fakir miskin dan sisanya dikonsumsi sendiri.
  • Membaginya menjadi 3 bagian, satu bagian untuk dirinya, satu bagian untuk fakir miskin dan satu bagian lagi dihadiahkan kepada tetangga atau kerabatnya walaupun kaya raya.

Demikianlah teks bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa memotong hewan qurban dan aqiqah diatas bermanfaat dan bisa diterapkan saat kita sedang berkurban. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan