Doa Menghilangkan Rasa Malas dan Agar Terhindar dari Sifat Malas

Kali ini akan dishare teks bacaan doa menghilangkan rasa malas dan agar terhindar dari sifat malas lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya kita membaca dan mengamalkan doa ini ketika muncul sifat dan penyakit malas dalam diri kita. Maka insyaallah ALLAH SWT akan menjadikan kita pribadi yang semangat dan jauh dari sifat malas.

Malas (kasal) sendiri adalah sifat tercela dan tidak ada seorang pun yang ingin terjangkit dengan sifat malas. Dengan kemalasan tidak adanya produktifitas, tidak ada kemajuan dan tidak ada rizki. Hidup ini tidak akan berkembang jika sifat malas terus menerus dipelihara. Ibadah dan pekerjaan pun akan terengkalai karena rasa malas. Yang paling umum adalah malas beribadah, sholat, belajar dan berusaha/bekerja.

Doa Menghilangkan Rasa Malas dan Agar Terhindar dari Sifat Malas

Karena setiap muslim dituntut untuk senantiasa semangat, bersegera dalam kebaikan, serta memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Sedangkan sifat malas hanya akan membuatnya lalai dan memberikan peluang baginya untuk melakukan hal yang sia-sia. Dan akhirnya, penyesalan dan kerugianlah yang akan ia dapatkan.

Maka dari itu kita haruslah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi pribadi yang bersemangat dan tidak menyia nyiakan waktu kita. Selain iu jangan lupa untuk berdoa supaya tidak malas, hal ini dikarenakan hanya ALLAH SWT lah tempat kita memohon, apalah daya upaya kita tanpa pertolongan ALLAH SWT.

Jadi cara melawan dan mengatasi rasa malas yang tidak boleh dilupakan adalah dengan berdoa agar dihilangkan sifat malas yang ada pada diri kita. Lalu bagaimana doa malas yang mustajab dan sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Langsung saja utnuk lebih jelasnya simak berikut ini lafadz doa untuk menghilangkan rasa malas menurut islam lengkap tulisan arab, teks latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya bisa dipahami makna dan isi kandungan didalamya.

Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas


اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ  وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ’ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal

Artinya : Artinya:  Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada Mu dari lilitan hutang dan musuh yang sewenang-wenang.

Selain doa agar tidak malas diatas, ada juga doa agar dihilangkan sifat malas berikutnya yang bisa dibaca sebagai dzikir pada pagi dan petang hari. Berikut ini lafadz doanya :

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ1، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ2، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Artinya : “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan bagiNya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala se-suatu. Hai Tuhan, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhan, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Tuhan, aku berlindung kepadaMu dari siksaan di Neraka dan kubur.” (HR Muslim 4/2088).

Demikianlah teks bacaan doa menghilangkan rasa malas dan agar terhindar dari sifat malas lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah jika kita memohon dengan doa diatas, maka ALLAH SWT akan menjadikan kita orang yang semangat saat beribadah dan bekerja serta dihindarkan dari penyakit malas. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan