Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA Lengkap Beserta Biodatanya

Kali ini akan dibahas mengenai profil dan biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA lengkap beserta biodata terbarunya. Mulai dari riwayat pendidikannya, aktivitasnya, pekerjaannya, dakwahnya, karya tulisnya hingga gambar dan foto foto Ustadz Abdul Somad Lc MA.

Ustad Abdul Somad, Lc., M.A. adalah seorang ulama, da'i, pendakwah dan penceramah agama islam yang lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 18 Mei 1977. Ustadz Abdul Somad mengulas berbagai macam permasalahan dan kajian ilmu islam seperti kajian ilmu hadits dan Ilmu fikih.

Selain itu, Ustadz Abdul Somad juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Ia dikenal masyarakat karena keilmuannya yang tinggi serta lugas dan tegas dalam menyampaikan dakwahnya. Berbagai penjelasan mengenai ajaran islam ia sampaikan dengan penjelasan yang mudah diterima oleh siapa saja.

Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA Lengkap Beserta Biodatanya

Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu menarik, mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Ceramah ceramah Ustadz Abdul Somad juga bisa dengan mudah kita temui di dunia maya melalui berbagai media sosial dan saluran youtube. Dakwah dan ceramahnya tersebar karena memang Ustadz Abdul Somad dikenal ahli ilmu dan ahli dalam menyampaikan ilmu. Apa yang ia sampaikan begitu jelas dan gamblang serta diselingi sedikit humor sebagai bumbu bumbu dakwahnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa Ustadz Abdul Somad Lc. MA ini memiliki gaya yang tegas dalam menyampaikan dakwahnya, namun sangat mudah di cerna dan di terima masyarakat. Hal ini lah yang membuat Ustadz Abdul Somad Lc. MA menjadi idola bagi banyak kaum muslimin di tanah Air.

Keilmuan dan keahlian dalam berdakwah yang ada pada diri Ustadz Abdul Somad tidaklah didapat dengan mudah, ia menempuh pendidikan agama di berbagai jenjang. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Ustad Somad memang sudah melekat dengan ajaran Islam. Tahun 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke MTS Mu’allimin al-Washliyah Medan.

Setelah tamat tahun 1993, kemudian sempat menempuh pendidikan di Pesantren Darularafah Deli Serdang Sumatera Utara, dan pada tingkat SMA dirinya masuk ke Madrasah Aliyah Nurul Falah di Indagiri Hulu, hingga setelah lulus pada tahun 1996 melanjutkan ke tingkat universitas di UIN SUSKA Riau.

Pada tahun 1988 Ustad Abdul Somad merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh pemerintah Mesir untuk Indonesia belajar di Universitas Al Azhar. Dia mengalahkan 900 pelajar lain yang juga mengikuti tes untuk mendapat beasiswa tersebut. Abdul Somad sendiri hanya membutuhkan waktu 10 bulan untuk mendapatkan gelar Lc (Licence) dari Al Azhar Kairo.

Tak cukup sampai di situ, pada tahun 2004, kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

Setelah mendapat gelar S2-nya, Abdul Somad kemudian menjadi dosen pengajar di tiga Universitas terkemuka seperti UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN SUSKA Riau, dan sekolah tinggi Al Azhar Pekanbaru. Selain mengajar dirinya juga masuk dalam beberapa organisasi seperti MUI Riau, Badan Amil Zakat Riau, serta Sekretaris lembaga NU Riau.

Abdul Somad juga beberapa kali tercatat menulis sebuah buku yang menjadi best seller dikalangan umat muslim, di antaranya berjudul 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, dan 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

Profil dan Biodata Ustadz Abdul Somad


Untuk lebih jelasnya agar kita lebih mengenai siapa itu Ustadz Abdul Somad Lc MA?Ssimak ringkasan dari profil dan biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA berikut ini :

Biodata Ustadz Abdul Somad


Nama Lengkap : H. Abdul Somad, Lc., MA.
Tanggal Lahir : Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijrah atau 18 Mei 1977 M.
Tempat Lahir : Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara.
FP Facebook: @UstadzAbdulSomad
Akun Instagram: @ustadzabdulsomad

Pendidikan Ustadz Abdul Somad


Ustadz Abdul Somad menempuh pendidikan formal terakhir saat ini hingga jenjang master dalam bidang Ilmu Hadis, secara terturut-turut pendidikannya dapat dituliskan sebagai berikut:


  • SD al-Washliyah, tamat 1990
  • Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
  • S1 Al-Azhar, Mesir
  • S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko, 2008


Riwayat pengabdian Ustadz Abdul Somad



  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014


Karya ilmiah Ustadz Abdul Somad



  • Tesis yang berjudul رجال الموطأ والصحيحين الذين ضعفهم النسائي في كتاب الضعفاء والمتروكين: جمعا ودراسة


Terjemah (Arab - Indonesia)


  • Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
  • 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
  • 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
  • 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
  • 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004
  • Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
  • Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.


Karya buku Ustadz Abdul Somad


Ustadz Abdul Somad Lc MA telah menuliskan beberapa buku yang menjadi best seller di kalangan ummat islam, di antaranya adalah sebagai berikut :


  • 37 Masalah Populer
  • 99 Pertanyaan Seputar Sholat
  • 33 Tanya Jawab Seputar Qurban


Gambar dan Foto Ustadz Abdul Somad


Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA Lengkap Beserta Biodatanya

Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA

Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA


Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA

Ustadz Abdul Somad Lc MA

Demikianlah informasi mengenai profil dan biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA lengkap beserta biodata, riwayat pendidikan, buku/karya tulisnya dan aktivitas/pengabdiannya. Semoa artikel mengenai profil Ustadz Abdul Somad Lc MA ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi dalam mengenal sosok ulama yang satu ini.

Belum ada Komentar untuk "Profil Biografi Ustadz Abdul Somad Lc MA Lengkap Beserta Biodatanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel