Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah | Lafadz Arab dan Terjemahannya

Doa setelah membaca surat Al Waqiah - Surat Al Waqiah merupakan surat urutan ke-56 dalam Al Quran dan terdiri dari 96 ayat. Seperti yang kita ketahui bahwa surat ini memiliki banyak sekali keutamaan, di antaranya adalah untuk melancarkan rezeki. Ada banyak fadhilah lain juga yang didapatkan dengan rutin membaca surat Waqiah ini tiap harinya.

Kata Al-Waqiah memiliki arti Hari Kiamat. Surat ini termasuk dalam surat Makkiyah karena ayat-ayatnya diturunkan di kota Mekkah. Total bacaan surat Al-Waqiah terdiri dari 96 ayat. Isi kandungan surat ini menerangkan tentang terjadinya hari kiamat serta apa saja balasan yang didapatkan bagi orang yang beriman dan orang yang tidak beriman saat terjadinya hari akhir.

Surah Waqiah ini dianjurkan untuk dibaca setiap harinya setelah selesai melaksanakan sholat ashar. Siapa saja yang istiqomah mengamalkan dan membaca surat ini sebagai wirid setelah sholat ashar, maka insyaallah rezekinya akan lancar dan dipenuhi hajatnya oleh Allah SWT.

Namun untuk semakin menyempurnakan bacaan surat Al Waqiah, maka sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk senantiasa menambahkannya dengan doa sebagai bentuk bahwa kita adalah hamba yang lemah dan senantiasa memohon pertolongan dari Allah SWT. Perlu dicatat bahwa Allah SWT senang jika hamba-Nya memohon dan meminta kepadanya.

Waktu membaca doa ini adalah tepat setelah kita selesai membaca surat Al Waqiah. Untuk itu, kali ini akan dibagikan lafadz bacaan doa sesuah membaca surat Al-Waqiah dalam teks Arab beserta terjemahan bahasa Indonesia selengkapnya.

(baca juga doa setelah membaca surat Yasin)

doa surat al waqiah
Kitab Khulasoh madad nabawiy yang didalamnya terdapat doa surat Al Waqiah

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah


Lafadz Arab Doa Sesudah Membaca Waqiah

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ . فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثالاثا) اَغْنِنَابِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
 اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ . وَهَبْ لَنَا بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَاَلِهِ وَسَلَّمَ مِنْ رِزْقِكَ اْلحَلاَلِ الطَّيِّبِ اْلمُبَارَكِ مَاتَصُوْنُ بِهِ وُجُوْهَنَاعَنِ التَّعَرُّضِ اِلَى اَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ وَاجْعَلِّ اللَّهُمَّ لَنَااِلَيْهِ طَرِيْقًاسَهْلاًمِنْ غَيْرِفِتْنَةٍوَلاَمِحْنَةٍوَلاَمِنَّةٍوَلاَتَبِعَةٍلاِحَدٍ ، وَجَنِّبْنَا اللَّهُمَّ اْلحَرَامَ حَيْثُ كَانَ وَاَيْنَ كَانَ وَعِنْدَ مَنْ كَانَ وَ حُلْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ اَهْلِهِ وَاقْبِضْ عَنَّااَيْدِيَهُمْ وَاصْرِفْ عَنَّاوُجُوْهَهُمْ وَقُلُوْبَهُمْ حَتَّى لاَنَتَقَلَّبَ اِلاَّفِيْمَا يٌرْضِيْكَ وَلاَنَسْتَعِيْنَ بِنِعْمَتِكَ اِلاَّفِيْمَاتُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ ِبرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللَّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقُنَافِى السَّمَاءِفَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًافَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًافَقَرِّبْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًافَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ قَلِيْلاًفَكَثِّرْهُ وَاِنْ كَانَ مَعْدُوْمًافَاَوْجِدْهُ وَاِنْ كَانَ مَوْقُوْفًافَاَجْرِهِ وَاِنْ كَانَ ذَنْبًافَاغْفِرْهُ , وَاِنْ كَانَ سَيِّئَةًفَامْحُهَاوَاِنْ كَانَ خَطِيْئَةًفَتَجَاوَزْعَنْهَاوَاِنْ كَانَ عَثْرَةًفَاَقِلْهَاوَبَارِكْ لَنَا فِى جَمِيْعِ ذَلِكَ.اِنَّكَ مَلِيْكٌ مُقْتَدِرٌوَمَاتَشَاؤُهُ مِنْ اَمْرٍيَكُوْنُ (سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِعَمَّايَصِفُنَ . وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ

Terjemahan Indonesia Doa Setelah Baca Waqiah

"Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalag kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."


Jadi setelah mengetahui doa di atas, maka alangkah baiknya jika kita selalu mengamalkan membaca doa sesudah membaca surat Al waqiah ini. Bacaan doa di atas juga bisa ditemui pada berbagai buku buku wirid salah satunya adalah "Khulasoh Maadad Nabawy" karangan Al Habib Umar bin Hafidz. Wallahu a'lam.

2 Komentar untuk "Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah | Lafadz Arab dan Terjemahannya"

  1. ass, trima ksih atas doa al-Waqiahnya..Aku ijin kutip untuk praktek ya.. salam

    http://www.avatarzaharuddin.top/

    BalasHapus
  2. Mas admin.. kasi arti atau terjemahannya dong do'a surat al-waqi'ah ini

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel