Bacaan Doa Birrul Walidain Untuk Kedua Orang Tua

Doa Birrul Walidain - Salah satu kewajiban seorang muslim adalah berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain). birrul walidain adalah sikap bakti kita kepada kedua orang tua kita dan hukumnya wajib sekalipun mereka adalah non muslim. segala hal dan sesuatu yang diperintahkan orang tua wajib kita jalankan selama tidak bertentangan dengan perintah dan hukum ALLAH SWT.

Saking pentingnya berbakti kepada orang tua sampai sampai surga dan neraka seseorang tergantung dari kedua orang tuanya terutama seorang ibu. seorang yang durhaka kepada kedua orang tua sekalipun ia taat beribadah tidak akan masuk surga dan mendekam di dalam neraka jahannam. bahkan dikatakan bahwa "ridho ALLAH SWT tergantung kepada ridho kedua orang tua" serta dikatakan pula bahwa "surga ada ditelapak kaki ibu".

Adapun bentuk bakti dan taat kita kepada orang tua salah satunya adalah dengan mendoakannya baik yang msih hidup maupun yang telah meninggal dunia. diriwayatkan dari Malik bin Zararah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Meminta ampunan yang dilakukan oleh seorang anak untuk kedua orang tuanya setelah keduanya meninggal adalah termasuk bentuk berbakti kepada orang tua.” (HR Ibnu an-Najjar)

Berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya sebatas ketika mereka masih hidup saja, tetapi berlanjut sampai keduanya meninggal. diriwayatkan dari Abu Usaid Malik ibnu Rabi’ah as-Sa’idi, ia berkata,

“Ketika kita duduk bersama di samping Rasulullah SAW. tiba-tiba datang seorang laki-laki dari bani Salamah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, masih adakah amalan yang harus saya lakukan untuk berbakti kepada bapak dan ibu setelah mereka meninggal?’ Kemudian beliau menjawab, ‘Ya, yaitu mengerjakan shalat untuk kedua orang tua (maksudnya mendoakan kedua orang tua atau menshalati jenazahnya), memohon ampunan atas segala dosanya, melaksanakan janji mereka setelah mereka meninggal, meneruskan tali silaturahmi yang pernah dilakukan orang tua ketika masih hidup, dan memuliakan kawan-kawannya.” (HR Abu Dawud dalam Sunan-nya dan Ahmad dalam Musnad: 3/498)

baca juga : sayyidul istighfar

Melihat keutamaan mendoakan kedua orang tua sangat besar, maka sudah sepatutnya sebagai bentuk birrul walidain kita yaitu dengan mendoakannya. adapun salah satu doa birrul walidain yang mashur dan sering dibaca terutama di bulan ramadhan adalah doa birrul walidain karya ulama besar asal Yaman yang bernama Syeikh Muhammad bin Ahmad bin Abil Hib Al-Hadhramai At-Tarimi. doa ini telah berumur lebih dari 800 tahun dan telah dibaca dan diamalkan oleh jutaan umat islam diseluruh dunia sebagai bentuk birul walidain mereka kepada ibu bapaknya. langsung saja berikut ini lafadz bacaan doa birrul walidain dalam tulisan/teks arab . . .

Bacaan Doa Birrul Walidain Untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Doa Birrul Walidain

Doa Birrul Walidain Dalam Teks Arab Lengkap


﴿ دُعَاءُ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ لَلإِمَامِ الشَّيْخِ مُحَمَّدٍ اَلتَّرِيْمِىْ ﴾
أَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي اَمَرَنَا بِشُكْرِالوَالِدَيْنِ وَالإِحْسَان إِلَيْهِمَا وَحَثَّنَا عَلَى اغْتِنَامِ بِرِّهِمَا، وَاصْطِنَاعِ المَعْرُوْفِ لَدَيْهِمَا، وَنَدَبَنَا إِلَى خَفْضِ الجَنَاحِ مِنَ الرَّحْمَةِ لَهُمَا إِعْظَامًا وَإِكْبَاراً، وَوَصَّنَا بِالتَّرَحُّمِ عَلَيْهِمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا. اَللَّهُمَّ فَارْحَمْ وَالِدِيْنَا (ثَلاَثاً) وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْضَ عَنْهُمْ رِضًا تُحِلُّ بِهِ عَلَيْهِمْ جَوَامِعَ رِضْوَانِكَ، وَتُحِلُّهُمْ بِهِ دَارَ كَرَامَتِكَ وَأَمَانِكَ، وَمَوَاطِنِ عَفْوِكَ وَغُفْرَانِكَ، وَأَدِرَّ بِهِ عَلَيْهِمْ لَطَائِفَ بِرِّكَ وَإِحْسَانِكَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ مَغْفِرَةًجَامِِعَةً تَمْحُوْ بِهَاسَالِفَ أَوْزَارِهِمْ وَسَيِّئَ إِصْرَارِهِمْ، وَارْحَمْهُمْ رَحْمَةً تُنِيْرُلَهُمْ بِهَا المَضْجِعَ فِي قُبُوْرِهِمْ، تُؤَمِّنُهُمْ بِهَا يَوْمَ الفَزَعِ عِنْدَنُشُوْرِهِمْ، اَللَّهُمَّ تَحَنَّنْ عَلَى ضَعْفِهِمْ كَمَاكَانُوْاعَلَى ضَعْفِنَا مُتَحَنِّنِيْنَ، وَارْحَمْ انْقِطَاعَهُمْ إِلَيْكَ كَمَا كَانُوْا لَنَا فِي حَالِ انْقِطَاعِنَا إِلَيْهِمْ رَاحِمِيْنَ،وَتَعَطَّفْ عَلَيْهِمْ كَمَا كَانُوْا عَلَيْنَا فِي حَالِ صِغَارِنَا مُتَعَطِّفِيْنَ. اَلَّلهُمَّ احْفَظْ لَهُمْ ذَلِكَ الْوُدَّ الَّذِيْ أَشْرَبْتَهُ قُلُوْبَهُمْ، وَالْحَنَانَةَ الَّتِي مَلَأْتَ بِهَا صُدُوْرَهُمْ، وَاشْكُرْهُمْ ذَلِكَ الْجِهَادَ الَّذِيْ كَانُوْا فِيْنَا مُجَاهِدِيْنَ، وَلاَ تُضَيِّعْ لَهُمْ ذَلِكَ اْلإِجْتِهَادَ الَّذِيْ كَانُوْا فِيْنَا مُجْتَهِدِيْنَ، وَجَازِهِمْ عَلَى ذَلِكَ السَّعْيِ الَّذِيْ كَانُوْا فِيْنَا سَاعِيْنَ، وَالرَّعْيِ الَّذِيْ كَانُوْا فِيْنَا رَاعِيْنَ، بِمَا نُحْدِثُ مِنَ الْمُخْزِيَاتِ، وَنَأْتِي مِنَ الْمُنْكَرَاتِ، وَسُرَّ أَرْوَاحَهُمْ ِبأَعْمَالِنَا فِي مُلْتَقَى اْلأَرْوَاحِ، إِذَا سُرَّ أَهْلُ الصَّلاَحِ بِأَبْنَاءِ الصَّلاَحِ، وَلا تَقِفْهُمْ مِنَّا عَلَى مَوْقِفِ افْتِضَاحِ، بِمَا نَجْتَرِحُ مِنْ سُوْءِ اْلإِجْتِرَاحِ. اَللُّهُمَّ أَنْ تَجْعَلَ حَظَّهُمْ مِنْهَا أَكْبَرَ مِنْ حُظُوْظِنَا، وقِسْمَهُمْ مِنْهَا أَجْزَلَ مِنْ أَقْسَامِنَا، وَسَهْمَهُمْ مِنْ ثَوَابِهَا أَوْفَرَ مِنْ سِهَامِنَا، فَإِنَّكَ وَصَّيْتَنَا بِبِرِّّهِمْ، وَنَدَبْتَنَا إِلَى شُكْرِهِمْ، فَأَنْتَ أَوْلَى بِالْبِرِّ مِنَ اْلبَارِّيْنَ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَهُمْ قُرَّةَ أَعْيُنٍ يَوْمَ يَقُوْمُ اْلأَشْهَادِ، وَأَسْمِعْهُمْ مِنَّا أَطْيَبَ النِّدَا يَوْمَ التَّنَادِ، وَاجْعَلَْهُمْ بِنَا مِنْ أَغْبَطِ اْلآَبَاءِ بِاْلأَوْلاَدِ، حَتىَّ تَجْمَعَنَا وَإِيَّاهُمْ وَاْلمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعًا فِي دَارِ كَرَامَتِكَ، وَمُسْتَقَرِّ رَحْمَتِكَ، وَمَحَلِّّ أَوْلِيَائِكَ، مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصَّدِقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَحَسُنَ اُوْلَئِكَ رَفِيْقًا. ذَلِكَ فَضْلٌ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ، وَاْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، َوصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا


Semoga dengan membaca doa birrul walidain diatas kita tergolong dan dianggap sebagai hamba yang senantiasa taat kepada kedua orang tua dan mudah mudahan orang tua kita baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal diberikan rahmat dan ampunan oleh ALLAH SWT. amiin. wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Doa Birrul Walidain Untuk Kedua Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel