Bacaan Doa Mengusir Ular dan Hewan Berbahaya Menurut Islam

Doa mengusir ular dan hewan berbahaya - Ular adalah salah satu hewan berbahaya yang tentu cukup ditakuti oleh manusia karena bisanya yang beracun. Memang sudah menjadi tabiat manusia akan takut jika melihat seekor hewan yang cukup berbahaya dan mengancam keselamatannya, tak terkecuali ular. Ular sendiri kadang tidak sengaja masuk dan berada di sekitar lingkungan kita atau bahkan hingga masuk ke dalam rumah.

Selain berikhtiar untuk mengusirnya dari rumah serta lingkungan kita dengan cara masing masing, kita tentu perlu dan wajib untuk selalu berdoa ke hadirat Allah SWT akan selalu terlindung dan aman dari gangguan ular tersebut. Hal ini karena ular, bagaimanapun hanyalah makhluk Allah SWT yang gerak-geriknya pun semua atas izin Allah SWT.

Adapun dalam memohon perlindungan, kita bisa berdoa seperti biasa dan dengan kata-kata kita sendiri. Namun ada beberapa doa yang sangat ampuh dan mujarab yang memang dikhususkan dalam keadaan dimana kita ketakutan atau saat melihat dan bertemu dengan hewan-hewan buas, terutama yang berbisa seperti ular.

Doa mengusir ular ini sangat pendek dan mudah dihafal serta terdapat dalam salah satu syair di wirid Ratib Haddad serta terdapat pula dalam Hizib Nashor. Bagi anda yang biasa rutin dalam membaca Ratibul Haddad dan Hizb Nashor, maka insyaAllah anda akan terlindung dari gangguan hewan-hewan semacam ular.

Nah, jika kita tidak sengaja menemukan ular di lingkunagn anda serta cukup mengganggu, maka janganlah takut secara berlebihan. Berikut ini kami berikan bacaan doa untuk mengusir ular dalam Islam sebagai penangkal gigitan dan serangannya dalam tulisan Arab lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa Mengusir Ular dan Hewan Berbahaya

Bacaan Doa Mengusir Ular dan Hewan Berbahaya :


Doa Versi 1
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq

Artinya :
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya”

Diriwayatkan bahwa “Barangsiapa membaca doa ini pada sore hari sebanyak tiga kali, tidak berbahaya baginya sengatan (binatang berbisa) pada malam itu”. HR. Ahmad, An-Nasa’i

Lafadz bacaan doa ini terdapat dalam bacaan Ratib Al-Haddad karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad yang biasa dibaca di berbagai majelis di tanah air dan telah kami ulas di artikel sebelumnya.

Doa Versi 2

Para ulama mengatakan bahwa jika kita berada di tempat di mana ada ular, kalajengking atau makhluk berbahaya lainnya kita harus membaca ayat berikut ini dan insyaAllah, hewan tersebut tidak akan membahayakan dan mengganggu kita :

     سلام على نوح في العالمين


Salamun alaa nuhin fil aalamiin (QS As-Saaffaat 37:79).

Artinya :
"Kesejahteraan/kedamaian dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam"

Hal ini karena hewan-hewan itu telah mengambil perjanjian dengan Nabi Nuh untuk tidak merugikan atau mengganggu siapa pun ketika mereka naik bahtera Nabi Nuh.

Lafadz bacaan doa ini terdapat dalam wirid Hizib Nashor karya Syekh Abul Hasan Asyadzili yang juga telah kami bahas dalam artikel sebelumnya.

Doa Versi 3

Adapun doa ketiga sama seperti doa kedua, namun kali ini disempurnakan dan dilengkapkan dengan salam atas Nabi Nabi lainnya.

SALAAMUN ‘ALAA NUUHIN FIL ‘AALAMIIN
SALAAMUN ‘ALAA IBROOHIIM
SALAAMUN ‘ALAA ILYAASIIN
SALAAMUN ‘ALAA MUUSAA WA HAARUUN
SALAAMUN QOULAM MIR ROBBIR ROHIIM.

Nah itulah info mengenai bacaan doa mengusir ular dan hewan berbahaya lainnya dalam Islam lengkap dalam lafadz Arab, tulisan latin dan artinya bahasa Indonesia. Nah selagi kita berusaha mengusir ular dari rumah kita. jangan lupa untuk terus dan selalu membaca dan mengamalkan amalan doa di atas, insyaAllah ancaman dan bahaya ular tidak akan mengancam kita dan keluarga kita. Kita semua berlindung hanya kepada Allah SWT sebagai sebaik-baik penolong. Wallahu a'lam.

16 Komentar untuk "Bacaan Doa Mengusir Ular dan Hewan Berbahaya Menurut Islam"

  1. Terima kasih ilmu nya...Insya Allah akan saya hapalkn..karena rumah kami dikelilingi sawah.sudah sering melihat kelabang , Ular dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim8/9/16

      Sama mba aq jg samping nya sawah ular dtg trus k teras rumah udh 4x 😢

      Hapus
  2. sama sama, . . .lebih bagus lagi jika mengamalkan membaca ratib haddad karena didalamnya terdapat berbagai lafadz dzikir yang memiliki manfaat dan keutamaan luar biasa...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, insyaallah bermanfaat, aminnnnnnnm........

    BalasHapus
  4. Anonim5/8/16

    Assalamualaikum,

    saya mohon izin copy ya,

    terima kasih

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak .....

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas tipsnya ya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah Semoga Do'a Ini Bisa Utk Mengusir Ular Cobra yg sdg ada di ruang tamu rumah ibu di Desa Wedoro Klurak Sidoarjo

    BalasHapus
  8. Subhanallah,sama mlm ini saja ada 2 kalajengking saya bunuh karena masuk kerumah

    BalasHapus
  9. Terima kasih doa nya insya Allah bisa melindungi kita semua...amin

    BalasHapus
  10. Terima kasih doanya semoga dapat melindungi kami sekeluarga amiin

    BalasHapus
  11. Anonim2/10/18

    Sudah dua kali ini,di kamar tidur saya di temukan ular,walaupun hanya sebesar jari tangan,namun saya begitu was2...herannya ular itu selalu muncul saat mati lampu,dan dg ukuran yg sama,,padahal ular pertama ma di temukan sekitar seminggu yg lalu dan sudah dibunuh....subhanallah saya selalu memohon kpd Allah swt untuk melindungi keluarga saya dan saya sendiri.

    BalasHapus
  12. Baru pindahan satu bulan lebih. Deket rumah saya mash banyak kebun,tadi pagi kemasukan ular berbisa. Semoga doa ini bisa membantu. Aamiin

    BalasHapus
  13. semoga bisa menjauhkan saya dari hewan yang orang jawa sebut reno, karena baru saja merayap di tangan saya dan saya jatuhkan malah hilang. semoga selalu dalam lindungan Allah amin

    BalasHapus
  14. Assalamuaikum jam 1 siang tadi ular masuk kar kami, setelah dicari ularnya tidak ketemu samapai sekarang, tolong bantu saya

    BalasHapus
  15. Terima kasih.. Semoga ular cobra yg masuk dirumah ku pergi berkat tiPs Do'a ...AAMIIN 🙏🙏

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel