Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin dan Artinya

Doa berbuka puasa Ramadhan - Ibadah puasa wajib dijalankan umat Islam saat bulan Ramadhan. Setelah menahan lapar dan haus seharian, kita lalu berbuka puasa saat waktu maghrib. Sebelum berbuka puasa, hendaknya kita membaca doa buka puasa terlebih dahulu. Lafadz doa ini hendaknya dibaca ketika kita akan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Membaca doa buka puasa ini hukumnya sunnah sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Dengan membaca doa buka puasa akan menambah pahala dan puasa kita semakin sempurna nilainya. Adapun bacaan doa berbuka puasa ramadhan ini cukup singkat dan tidak panjang sehingga cukup mudah untuk dihafal oleh kaum muslim. Apalagi doa buka puasa sendiri cukup populer dan biasanya sudah diajarkan kepada kita sejak kecil.

Islam memang mengatur segala hal, termasuk hal-hal kecil seperti doa saat akan menyantap makanan setelah seharian berpuasa di bulan Romadhon. Doa berbuka puasa pun tidak boleh diremehkan dan ditinggalkan. Hendaknya kita selalu ingat untuk mengucapkan doa sebelum berbuka sebagai rasa syukur setelah menjalankan ibadah puasa seharian.

(baca juga doa buka puasa senin-kamis)

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Yang Benar

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan


Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibagikan lafadz dan bacaan doa berbuka puasa Ramadhan dalam tulisan Arab dan latin lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya. Doa ini adalah doa berbuka puasa yang benar dan telah diajarkan oleh kedua orang tua kita, guru mengaji kita dan dipakai seluruh umat Islam dengan aqidah ahlussunnah wal jamaah.

Lafadz Arab

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Tulisan Latin

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Terjemahan Bahasa Indonesia

Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Nah demikian pembahasan mengenai bacaan doa berbuka puasa wajib di bulan Ramadhan yang benar dan tepat dalam lafadz Arab, tulisan latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya. Disunnahkan untuk selalu membaca dan mengamalkannya sebelum berbuka agar pahala bertambah sekaligus mengikuti sunnah Nabi SAW. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel