Doa Sapu Jagad Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan doa sapu jagad lengkap tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Doa sapu jagat ini adalah doa kebaikan dan keselamatan dunia akhirat yang sangat mustajab. Doanya sangat pendek dan mudah dihafal tapi memiliki keutamaan dan khasiatnya sangat besar.

Doa sapu jagad sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk bacaan doa yang memiliki keutamaan besar dan mencakup segala permintaan didalamnya. Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhirati hasanatawwaqinaa adzaa ban naar. Kita mungkin pernah mendengar doa tersebut dalam kehidupan sehari hari kita. Doa itu disebut sebagai doa sapu jagad karena didalamnya kita memohon kebaikan dan keselamatan dunia hingga akhirat.

doa sapu jagad

Doa sapu jagad ini sangat luar biasa manfaat dan khasiatnya bagi yang membaca yang mengamalkannya. lafadz doanya sangat pendek dan ringkas namun penuh makna yang mendalam. Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia yaitu kebaikan dan kebahagiaan dunia akhirat. Sehinga kita memohon dengan doa tersebut menjadi hamba yang beriman dan bertakwa kepada ALLAH SWT selama di dunia ini, serta kelak di akhirat menjadi hamba yang selamat dengan masuk surga dan terhindar dari api neraka.

Doa ini juga menjadi salahsatu bacaan doa yang disukai oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits Nabi dikatakan sebagai berikut mengeai doa sapu jagat ini :

 كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya : Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan untuk selengkapnya langsung saja berikut ini lafadz bacaan doa sapu jagad lengkap bahasa arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar kita paham makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Sapu Jagad Tulisan Arab, Latin dan Terjemahnya


 رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhirati hasanatawwaqinaa adzaa ban naar.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Itulah teks bacaan doa sapu jagat, sedangkan untuk khasiat dan fadhilahnya sangat banyak sekali. berikut dibawah ini beberapa khasiat doa sapu jagad :

  • Bacaan doa sapu jagat ini mencakup tiga hal, yaitu meminta kenikmatan di dunia, kenikmatan akhirat 
  • Dapat menyehatkan lahir maupun batin
  • Melapangkan hati orang yang mendapat musibah 
  • Mendapatkan kenikmatan akhirat
  • Terhindar dari api neraka
Demikianlah bacaan doa sapu jagad lengkap lafadz arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan doa diatas bisa dibaca kapan saja misalnya setelah selesai sholat lima waktu. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Sapu Jagad Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel