Doa Masuk Kuburan (Makam) Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan doa masuk kuburan (makam) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jadi ketika kita melewati dan memasuki sebuah area pemakaman, hendaknya kita memberikan salam dan mengucap doa kepada para ahli kubur yang telah meninggal mendahului kita.

Saat berziarah sendiri, ada tata cara, adab dan sunnah sunnah yang hendaknya dikerjakan, salah satunya adalah mengucap salam dan berdoa untuk penghuni/penduduk kubur. Jadi saat kita mendatangi kuburan untuk berziarah ke keluarga kita, jangan lupa untuk selalu membaca doa ketika memasuki area kuburan.

Doa Masuk Kuburan (Makam) Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa ini selain untuk mendoakan umat islam yang telah meninggal, sekaligus juga mengingatkan kita akan datangnya kematian yang pasti terjadi. Dan bagaimana bacaan doa saat melewati makam dan masuk makam? Berikut ini lafadz doa masuk kuburan sesuai sunnah lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Masuk Kuburan


السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr minal mu’minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta’khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul) kami.  Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian." 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَآاَهْلَ الْقُبُوْرِ يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ اَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِا ْلاَثَرِ

Assalamu ‘alaikum ya ahlal qubur,yaghfirullahu lanaa wa lakum,antum lanaa salafuna wa nahnu bil atsar.

Artinya : Salam bagimu wahai ahli kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kamu, sedangkan kamu telah mendahului kami dan kami akan mengikuti.

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian).

Demikianlah teks bacaan doa masuk kuburan (makam) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa masuk makam diatas bisa diamalkan ketika kita akan masuk wilayah makam saat berziarah. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Masuk Kuburan (Makam) Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel