Nama-Nama Surga dan Artinya Beserta Calon Penghuninya Lengkap

Kali ini akan diulas mengenai nama-nama surga dan artinya beserta calon penghuninya lengkap. Surga sendiri memiliki beberapa nama dan tingkatan yang berbeda beda, terdapat pula pintu pintu surga yang berbeda beda dan dikhususkan bagi calon penghuninya. Banyak sekali dalil dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang nama nama syurga ini.

Nama Nama Surga dan Artinya Beserta Calon Penghuninya Lengkap

Surga sendiri adalah suatu tempat yang istimewa yang dikhususkan untuk hamba hamba ALLAH SWT yang beriman dan bertakwa kepadanya elama menjalani hidup di dunia. Mereka yang taat dengan selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya maka ALLAH SWT membalasnya dengan surga. Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW dikatakan mengenai gambaran surga sebagai berikut ini :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – « يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِى الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ ، ذُخْرًا ، بَلْهَ مَا أُطْلِعْتُمْ عَلَيْهِ » . ثُمَّ قَرَأَ ( فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِىَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ )

Artinya : Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sediakan bagi hamba-Ku yang shalih berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia. Kalau kalian mau, bacalah, ‘Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.’ (QS. As-Sajdah: 17)

Melihat hadits diatas, maka kita bisa membayangkan bagaimana indahnya surga yang disediakan untuk orang orang yang beriman. Tentunya setiap orang akan ditempatkan di surga sesuai kadar keimanannya. Nama surga yang tertinggi dan sering kita dengan mungkin hanya surga firdaus saja, padahal banyak sekali nama nama surga lainnya.

Nama Nama Surga


Dan langsung saja berikut ini daftar nama-nama surga dan penghuninya dalam islam lengkap beserta pengertian/penjelasan dan dalilnya dalam Al-Quran.

1. Surga Firdaus


"Sesungguhnya orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."
(QS. Al-Mukminun: 9-11).

“sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah ‘surga firdaus menjadi tempat tinggal”. (Al Kahfi ayat 107).

2. Surga 'Adn


"Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin lelaki dan perempuan (akan mendapat) surga di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan mendapat tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn." (QS. At-Taubah: 72).

"(Yakni) surga 'Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang ( dalam keaddan ) bersih ( saat didunianya dari berbagai dosa )". (Surat At Thaha ayat 76)

"(Yaitu) surga'Adn yang pintu - pintunya terbuka bagi mereka". (Surat Shad ayat 50)

(Bagi mereka) surga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. (Qs Fathir ayat 33)

3. Surga Na'im


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Q.S. Luqman: 8)

" Maka orang - orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan". (Al Hajj ayat 56)

4. Surga Ma'wa


“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surga tempat tinggalnya.” (Q.S. An-Nazi‘at: 40-41)

"Adapun orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga - surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan". (QS As Sajdah ayat 19).

5. Surga Darussalam


“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

"Dan allah meriyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus". (Surat Yusuf ayat 25).

6. Surga Darul Muqamah


“Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35).

7. Surga Al-Maqamul Amin


“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51).

8. Surga Khuldi


“Katakanlah, Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (Q.S. Al-Furqan: 15).

Itulah kumpulan 8 nama nama surga dan artinya beserta calon penghuninya menurut Al-Quran lengkap. Insyaallah artikel nama nama surga dan penjelasannya diatas bermanfaat dan semoga kita semua dijadikan para penghuni surga dan kelak bersama dengan Nabi Muhammad SAW. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Nama-Nama Surga dan Artinya Beserta Calon Penghuninya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel