Kumpulan Hadits Tentang Iman Lengkap Bahasa Arab dan Artinya

Kali ini akan dishare kumpulan hadits tentang iman lengkap dalam tulisan bahasa arab dan artinya. Hendaknya kita sebagai seorang muslim memahami apa hakikat keimanan yang benar dalam agama islam. Semua perkara iman, islam dan ihsan ini bisa kita temui di berbagai dalil baik ayat suci Al Quran dan hadits Rasulullah SAW.

Pengertian iman sendiri Secara bahasa berarti pembenaran hati, kemantaban hati atau percaya,. Sedangkan menurut istilah, iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan).

Dengan demikian, pengertian iman kepada ALLAH SWT adalah membenarkan dengan hati bahwa ALLAH SWT itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

Adapun secara syari’at, iman berarti mengetahui ALLAH SWT dan sifat-sifatnya disertai dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua yang dilarang-Nya. Dengan begitu, seorang muslim bisa dikatakan memiliki iman yang sempurna jika ia memenuhi semua unsur tersebut.

Apabila seseorang mengakui dalam hatinya tentang keberadaan Allah, tetapi tidak diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai mukmin yang sempurna. Sebab, ketiga unsur keimanan tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan.

Pembahasan iman ini sangatlah luas, kita bisa melihat berbagai dalilnya dalam kitab suci Al Quran dan hadist hadist tentang iman. Dalam sebuah ayat Al Quran, ALLAH SWT berfirman sebagai berikut :

ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขَู…َู†ُูˆุง ุจِุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆู„ِู‡ِ ุซُู…َّ ู„َู…ْ ูŠَุฑْุชَุงุจُูˆุง ูˆَุฌَุงู‡َุฏُูˆุง ุจِุฃَู…ْูˆَุงู„ِู‡ِู…ْ ูˆَุฃَู†ْูُุณِู‡ِู…ْ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ุตَّุงุฏِู‚ُูˆู†َ

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah orang-orang yang hanya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.” (QS al-Hujurรขt: 15).

Iman sendiri berbgai macam, jika kita merujuk kepada rukun iman dalam islam. Maka ada Iman kepada ALLAH SWT, Iman kepada malaikat, Iman kepada kitab ALLAH SWT, Iman kepada Rasul, Iman kepada hari akhir serta Iman kepada qada dan qadar (takdir baik dan buruk dari ALLAH SWT).

Keimanan ini sangatlah penting karena merupakan bekal kita kelak di akhirat. Seorang muslim yang beriman dan bertakwa kepada ALLAH SWT, maka insyaallah kita akan masuk dalam syurga dan ALLAH SWT ridho kepada kita.

Kumpulan Hadits Tentang Iman Lengkap Bahasa Arab dan Artinya

Namun menjadi hamba yang beriman tidaklah mudah, terkadang iman naik dan turun tidak menentu. Untuk itu perlu kiranya kita mempelajari sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadits hadist tentang iman agar kita selalu daam ketaatan dan amal shaleh.

Dan untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar kumpulan hadits tentang iman islam dan ihsan lengkap dalam lafadz arab dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Hadits Tentang Iman, Islam dan Ihsan Lengkap


ุญَุฏِูŠْุซُ ุงَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َ ูƒَุงู†َ ุงู„ู†ุจูŠ ุต ู… ุจَุงุฑِุฒًุง ูŠَูˆْู…ًุง ู„ِู„ู†َّุงุณِ ูَุฃَุชَุงู‡ُ ุฑَุฌُู„ٌ ูَู‚َุงู„َ : ู…َุงุงู„ْุงِูŠْู…َุงู†ُ؟ ู‚َุงู„َ : ุงู„ْุงِูŠْู…َุงู†ُ ุงَู†ْ ุชُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ ูˆَู…َู„َุงุฆِูƒَุชِู‡ِ ูˆَุจِู„ู‚َุงุฆِู‡ِ ูˆَุจِุฑُุณُู„ِู‡ِ ูˆَุชُุคْู…ِู†َ ุจِุงู„ุจَุนْุซِ،ู‚َุงู„َ:ู…َุงุงู„ْุงِุณْู„ุงَู…ُ؟ ู‚َุงู„َ: ุงู„ْุงِุณْู„ุงَู…ُ ุงَู†ْ ุชَุนْุจُุฏَุงู„ู„ู‡َ ูˆَู„َุงุชُุดْุฑِูƒْ ุจِู‡ِ ูˆَุชُู‚ِูŠْู…َ ุงู„ุตَّู€ู„َุงุฉَ ูˆَุชُุคَุฏِّู‰َ ุงู„ุฒَّูƒَุงุฉَ ุงู„ْู…َูْุฑُูˆْุถَุฉَ ูˆَุชَุตُูˆْู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ. ู‚َุงู„َ: ู…َุงุงู„ْุงِุญْุณَุงู†ُ؟ ู‚َุงู„َ : ุงَู†ْ ุชَุนْุจُุฏَุงู„ู„ู‡َ ูƒَุฃَู†َّูƒَ ุชَุฑَุงู‡ُ، ูَุฃِู†ู‡ُ ูŠَุฑَุงูƒَ. ู‚َุงู„َ: ู…َุชَู‰ ุงู„ุณَّู€ุงุนَุฉُ؟ ู‚َุงู„َ: ู…َุงุงْู„ู…ุณْู€ุฆُูˆْู„ُ ุนَู†ْู‡َุง ุจِุฃَุนْู„َู…َ ู…ِู†َ ุงู„ุณَّู€ุงุฆِู„ِ، ูˆَุณَุฃُุฎْุจِุฑُูƒَ ุนَู†ْ ุงَุดْุฑَุงุทِู‡َุง، ุงِุฐَุง ูˆَู„َุฏَุชِ ุงู„ุงَู…َุฉُ ุฑَุจَّู‡َุง، ูˆَุงِุฐَุงَ ุชَุทَุงูˆَู„َ ุฑُุนَุงุฉُ ุงู„ْุงِุจِู„ِ ุงู„ْุจَู‡ْู…ُ ูِู‰ ุงู„ْุจُู†ْูŠَุงู†ِ، ูِู‰ ุฎَู…ْุณٍ ู„َุงูŠَุนْู„َู…ُู‡ُู†َّ ุงِู„ّุงุงู„ู„ู‡ُ. ุซُู…َّ ุชَู„ุงَ ุงู„ู†َّุจِู‰ُّ ุต ู… ุงِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ุนِู†ْุฏَู‡ُ ุนِู„ْู…ُ ุงู„ุณّู€ุงุนَุฉِ،ุงู„ุขูŠุฉ. ุซُู…َّ ุงَุฏْุจَุฑَ. ูَู‚َู„َ: ุฑُุฏُّูˆْู‡ُ، ูَู„َู…ْ ูŠَุฑَูˆْุง ุดَูŠْุฆุงً.ูَู‚َู„َ: ู‡َุฐุงَ ุฌِุจْุฑِูŠْู„ُ ุฌَุงุกَ ูŠُุนَู„ِّู…ُ ุงู„ู†َّุงุณَ ุฏِูŠْู†َู‡ُู…ْ.                                      
 
Artinya : Hadits Abu Hurairah ra. Dimana ia berkata : “pada suatu hari Nabi SAW. Berada di tengah-tengah para sahabat, lalu ada seseorang datang kepada beliau lantas bertanya : “Apakah iman itu?”. Beliau menjawab : “Iman adalah kamu percaya kepada Allah dan malaikatNya, percaya dengan adanya pertemuan denganNya, dan dengan adanya rasul-rasulNya, dan kamu percaya dengan adanya hari kebangkitan (setelah mati)”. Ia bertanya : “Apakah Islam itu?”. Beliau menjawab : “Islam yaitu kamu yang menyembah kepada Allah dan tidak mempersekutukanNya, mendirikan shalat, menunaikan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan ramadhlan”. Ia bertanya : “Apakah Ihsan itu?”. Beliau menjawab : “kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihatNya, dan jika kamu tidak bisa (seakan-akan) melihatNya maka (beryakinlah) bahwa sesungguhnya Allah melihat kamu”. Ia bertanya : “Kapan hari kiamat itu?”. Beliau menjawab : “Orang yang ditanya tentang hari kiamat itu tidak lebih tahu daripada orang yang bertanya. Akan tetapi aku akan memberitahukan kepadamu tentang tanda-tandanya (yaitu)apabila seorang budak perempuan melahirkan tuannya, apabila pengembala unta dan ternak berlomba-lomba dalam bangunan; dalam lima hal tidak mengetahuinya kecuali Allah”. Kemudian Nabi SAW. Membaca ayat (yang artinya) : “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisiNya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat; dan Dialah yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi maha mengenal”. Orang yang bertanya itu lantas pergi , lalu beliau bersabda : “itu adalah Jibril yang datang untuk mengajarkan manusia tentang agama mereka”. (HR Bukhari; Muslim ).

ุญَุฏَّุซَู†َุง ุนُุจَูŠْุฏُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ُ ู…ُูˆุณَู‰ ู‚َุงู„َ ุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ุญَู†ْุธَู„َุฉُ ุจْู†ُ ุฃَุจِูŠ ุณُูْูŠَุงู†َ ุนَู†ْ ุนِูƒْุฑِู…َุฉَ ุจْู†ِ ุฎَุงู„ِุฏٍ ุนَู†ْ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง ู‚َุงู„َ ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุจُู†ِูŠَ ุงู„ุฅِุณْู„ุงَู…ُ ุนَู„َู‰ ุฎَู…ْุณٍ ุดَู‡َุงุฏَุฉِ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุฅِู‚َุงู…ِ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ ูˆَุฅِูŠุชَุงุกِ ุงู„ุฒَّูƒَุงุฉِ ูˆَุงู„ْุญَุฌِّ ูˆَุตَูˆْู…ِ ุฑَู…َุถَุงู†َ.(ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ(

Artinya: ‘Abdullah ibn Musa telah menceritakan kepada kami, ia berkata bahwa Hanzhalah ibn Abi Sufyan telah memberitakan kepada kami, dari Ikrimah ibn Khalid, dari ibn Umar r.a berkata: Rasulullah saw. telah bersabda: “Islam didirikan atas lima perkara, yakni bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah swt, dan Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan ibadah haji (ke Baitullah), dan berpuasa dibulan Ramadhan”. (H.R. Al-Bukhari)

ุญَุฏِูŠุซُ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ، ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…َุฑَّ ุนَู„َู‰ ุฑَุฌُู„ٍ ู…ِู†َ ุงู„ุฃَู†ْุตَุงุฑِ ูˆَู‡ُูˆَ ูŠَุนِุธُ ุฃَุฎَุงู‡ُ ูِูŠ ุงู„ْุญَูŠَุงุกِ، ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: «ุฏَุนْู‡ُ ูَุฅِู†َّ ุงู„ْุญَูŠَุงุกَ ู…ِู†َ ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ِ

Ibnu Umar r.a. berkata bahwa Nabi SAW melewati (melihat) seorang lelaki kaum Anshar yang sedang menasehati saudaranya karena malu, maka Nabi SAW telah bersabda: Biarkanlah ia karena sesungguhnya malu itu sebagian dari iman.

ุฃَู†ْ ุชُุคْู…ِู†َ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู…َู„ุงَุฆِูƒَุชِู‡ِ ูˆَูƒُุชُุจِู‡ِ ูˆَุฑُุณُู„ِู‡ِ ูˆَุงู„ْูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْุขุฎِุฑِ ูˆَุชُุคْู…ِู†َ ุจِุงู„ْู‚َุฏَุฑِ ุฎَูŠْุฑِู‡ِ ูˆَุดَุฑِّู‡ِ

Iman adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan engkau beriman kepada qadar, yang baik dan yang buruk.

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ: ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงู„ْูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุขุฎِุฑِ ูَู„ْูŠَู‚ُู„ْ ุฎَูŠْุฑุงً ุฃًูˆْ ู„ِูŠَุตْู…ُุชْ، ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงْู„ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุขุฎِุฑِ ูَู„ْูŠُูƒْุฑِู…ْ ุฌَุงุฑَู‡ُ، ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงู„ْูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุขุฎِุฑِ ูَู„ْูŠُูƒْุฑِู…ْ ุถَูŠْูَู‡ُ. [ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู…]

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya" (Riwayat Bukhari dan Muslim)

ุญَุฏِูŠْุซُ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง : ุณَู…ِุนَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฑَุฌُู„ًุง ูŠَุนِุธُ ุงَุฎَุงู‡ُ ูِูŠْ ุงู„ุญَูŠَุงุกِ ูَู‚َุงู„َ ุงู„ุญَูŠَุงุกُ ู…ِู†َ ุงู„ْู„ุฃِูŠْู…َุงู†ِ

Diriwayatkan dari Abu Umar Ra katanya : Nabi Saw mendengar seorang menasehati saudaranya dalam hal malu dan menganggap perbuatan itu buruk, lalu Nabi Saw bersabda. ‘malu itu sebagian dari iman”

ุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†ُ ุจِุถْุนٌ ูˆَุณَุจْุนُูˆู†َ ุดُุนْุจَุฉً ุฃَูْุถَู„ُู‡َุง ู„َุง ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุฃَูˆْุถَุนُู‡َุง ุฅِู…َุงุทَุฉُ ุงู„ْุฃَุฐَู‰ ุนَู†ْ ุงู„ุทَّุฑِูŠู‚ِ ูˆَุงู„ْุญَูŠَุงุกُ ุดُุนْุจَุฉٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†

“Iman itu ada tujuh puluh sekian cabang, iman yang paling utama adalah persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan rasa malu adalah salah satu cabang dari keimanan.”(HR Bukhori, HR Muslim).

ุงู„ุงูŠู…ุงู† ู…ุนุฑูุฉ ุจุงู„ู‚ู„ุจ ูˆ ู‚ูˆู„ ุจุงู„ู„ุณุง ู† ูˆ ุนู…ู„ ุจุงู„ุงุฑูƒุงู† (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†)

Artinya : “Iman adalah pengakuan dengan hati, pengucapan dengan lisan, dan pengamalan dengan anggota badan.”(HR Thabrani)

ุนَู†ْ ุงَู†َุณٍ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَ ุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ ุซَู„َุงุซٌ ู…َู†ْ ูƒُู†َّ ูِูŠْู‡ِ ูˆَ ุฌَุฏَ ุญَู„َุงูˆَุฉَ ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ِ: ุฃู†ْ ูŠَูƒُูˆْู†َ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَ ุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ ุงَุญَุจَّ ุงِู„َูŠْู‡ِ ู…ِู…َّุง ุณِูˆَุงู‡ُู…َุง ูˆَุงَู†ْ ูŠُุญِุจَّ ุงู„ْู…َุฑْุกُ ู„َุง ูŠُุญِุจُّุญُ ุงِู„َّุง ู„ِู„ู‡ِ ูˆَ ุงَู†ْ ูŠَูƒْุฑَู‡َ ุงَู†ْ ูŠَุนُูˆْุฏَ ูِู‰ ุงู„ْูƒُูْุฑِ ูƒَู…َุง ูŠَูƒْุฑَู‡ُ ุงَู†ْ ูŠُู‚ْุฐَูَ ูِู‰ ุงู„ْู†َّุง ุฑِ. (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)                                  

Artinya: Dari Anas r.a dari Nabi SAW, beliau bersabda: tiga hal bila terdapat pada diri seseorang, maka ia mendapatkan manisnya iman, yaitu apabila Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari pada yang lain, apabila ia mencintai seseorang hanya karena Allah, dan apabila ia benci untuk kembali ke dalam kekafiran sebagaimana bencinya untuk dicampakkan ke dalam neraka. (HR. Bukhari)

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู„َุง ูŠُุคْู…ِู†ُ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุญَุชَّู‰ ูŠُุญِุจَّ ู„ِุฃَุฎِูŠู‡ِ ู…َุง ูŠُุญِุจُّ ู„ِู†َูْุณِู‡ِ

“Tidak sempurna keimanan salah seorang dari kalian sampai dia mencintai (kebaikan) untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

ู„َุง ูŠَุฒْู†ِูŠ ุงู„ุฒَّุงู†ِูŠ ุญِูŠู†َ ูŠَุฒْู†ِูŠ ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุคْู…ِู†ٌ ، ูˆَู„َุง ูŠَุดْุฑَุจُ ุงู„ْุฎَู…ْุฑَ ุดَุงุฑِุจُู‡َุง ุญِูŠู†َ ูŠَุดْุฑَุจُู‡َุง ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุคْู…ِู†ٌ ، ูˆَู„َุง ูŠَุณْุฑِู‚ُ ุงู„ุณَّุงุฑِู‚ُ ุญِูŠู†َ ูŠَุณْุฑِู‚ُ ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุคْู…ِู†ٌ ، ูˆَู„َุง ูŠَู†ْุชَู‡ِุจُ ู†ُู‡ْุจَุฉً ูŠَุฑْูَุนُ ุงู„ู†َّุงุณُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ูِูŠู‡َุง ุฃَุจْุตَุงุฑَู‡ُู…ْ ุญِูŠู†َ ูŠَู†ْุชَู‡ِุจُู‡َุง ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุคْู…ِู†ٌ

“Tidaklah seseorang berzina dalam keadaan beriman, tidaklah seseorang meminum minuman keras ketika meminumnya dalam keadaan beriman, tidaklah seseorang melakukan pencuria dalam keadaan beriman dan tidaklah seseorang merampas sebuah barang rampasan di mana orang-orang melihatnya, ketika melakukannya dalam keadaan beriman.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู„َุง ุฅِูŠู…َุงู†َ ู„ِู…َู†ْ ู„َุง ุฃَู…َุงู†َุฉَ ู„َู‡ُ

“Tidak keimanan bagi mereka yang tidak memiliki amanah.”

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ู…َุงู„ِูƒْ ุงู„ْุญَุงุฑِุซِูŠ ุงุจْู†ِ ุนَุงุตِู…ْ ุงْู„ุฃَุดْุนَุฑِูŠ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ : ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ : ุงู„ุทُّู‡ُูˆْุฑُ ุดَุทْุฑُ ุงْู„ุฅِูŠْู…َุงู†ِ، ูˆَุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุชَู…ْู„ุฃُ ุงู„ْู…ِูŠْุฒَุงู†ِ، ูˆَุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุชَู…ْู„ุฃُ - ุฃَูˆْ ุชَู…ْู„ุขู†ِ - ู…َุง ุจَูŠْู†َ ุงู„ุณَّู…َุงุกِ ูˆَุงْู„ุฃَุฑْุถِ، ูˆَุงู„ุตَّู„ุงَุฉُ ู†ُูˆْุฑٌ، ูˆَุงู„ุตَّุฏَู‚َุฉُ ุจُุฑْู‡َุงู†ٌ، ูˆَุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ُ ุญُุฌَّุฉٌ ู„َูƒَ ุฃَูˆْ ุนَู„َูŠْูƒَ . ูƒُู„ُّ ุงู„ู†َّุงุณِ ูŠَุบْุฏُูˆ ูَุจุงَุฆِุนٌ ู†َูْุณَู‡ُ ูَู…ُุนْุชِู‚ُู‡َุง ุฃَูˆْ ู…ُูˆْุจِู‚ُู‡َุง [ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…]

Dari Abu Malik, Al Harits bin Al Asy'ari' : Suci itu sebagian dari iman, (bacaan) alhamdulillaah memenuhi timbangan, (bacaan) subhaanallaah dan alhamdulillaah keduanya memenuhi ruang yang ada di antara langit dan bumi. Shalat itu adalah nur, shadaqah adalah pembela, sabar adalah cahaya, dan Al-Qur'an menjadi pembela kamu atau musuh kamu. Setiap manusia bekerja, lalu dia menjual dirinya, kemudian pekerjaan itu dapat menyelamatkannya atau mencelakakannya".(HR. Muslim)

ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุญَุฌَุฑٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ ุตَู„ู‰َّ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: ุฃْู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ ู…َุนْุฑِูَุฉٌ ุจِุงْู„ู‚َู„ْุจِ ูˆَู‚َูˆْู„ٌ ุจِุงู„ِّู„ุณَุงู†ِ ูˆَุนَู…َู„ٌ ุจِุงْู„ุฃَุฑْูƒَุงู†ِ (ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ูˆุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ)

Artinya: “Dari Ibnu Hajar Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: Iman adalah Pengetahuan hati, pengucapan lisan dan pengamalan dengan anggota badan” (H.R. Ibnu Majah dan At-Tabrani).

ุญَุฏِูŠْุซُ ุงَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ : ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…ْ ุงُู…ِุฑْุชُ ุงَู†ْ ุงُู‚َุงุชِู„َ ุงู„ู†َّุงุณَ ุญَุชَّู‰ ูŠَู‚ُูˆْู„ُูˆْุง ู„َุข ุงِู„َู‡َ ุงِู„َّุง ุงู„ู„ู‡ُ ูَู…َู†ْ ู‚َุงู„َ ู„َุง ุงِู„َู‡َ ุงِู„َّุง ุงู„ู„ู‡ُ ุนَุตَู…َ ู…ِู†ِّูŠْ ู…َุง ู„َู‡ُ ูˆَู†َูْุณَู‡ُ ุงَู„َّุง ุจِุญَู‚ّู‡ِ ูˆَุญِุณَุงุจُู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. Katanya : “Aku diarahkan supaya memerangi manusia sehingga mereka mengucapkan dua kalimah syahadat. Siapa yang mengucapkannya berarti dia dan hartanya bebas dari aku kecuali dibenarkan oleh syariat dan segala-galanya terserahlah kepada Allah Swt untuk menentukannya.

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ุณَุนِูŠْุฏِ ุงْู„ุฎُุฏْุฑِูŠِّ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู†ْู‡ُ ، ู‚َุงู„َ : ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ ِุตَู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَู‚ُูˆْู„ُ : (( ู…َู†ْ ุฑَّุฃَู‰ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ู…ُู†ْูƒَุฑًุง ูَู„ْูŠُุบَูŠِّุฑْู‡ُ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ، ูَุฅِู†ْ ู„ู…َّ ْูŠَุณْุชَุทِุนْ ูَุจِู„ِุณَุงู†ِู‡ِ ، ูَุฅِู†ْ ู„ู…َّ ْูŠَุณْุชَุทِุนْ ูَุจِู‚َู„ْุจِู‡ِ ، ูˆَุฐَู„ِูƒَ ุฃَุถْุนَูُ ุงْู„ุฅِูŠْู…َุงู†ِ )). ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… [ ุฑู‚ู… : 49 ]

Artinya: “Dari Abu Sa’d Al-Khudriy Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata : Saya pernah mendengar Rasulallah SAW berkata: barang siapa diantara kalian melihat suatu kemunkaran maka hendaknya dia merubah dengan kekuasannya, apabila dia merasa tidak mampu maka dengan lisannya, maka apabila dia tidak mampu hendaknya dia membenci kemunkaran tersebut dengan hatinya, yang demikian itu adalah tingkatan iman yang paling lemah ” (H.R. Muslim).

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู†ْู‡ُ ، ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ:  ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงْู„ูŠَูˆْู…ِ ุงْู„ุขุฎِุฑِ ูَู„ْูŠُูƒْุฑِู…ْ ุฌَุงุฑَู‡ُ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆ ู…ุณู„ู…)

Artinya: “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu: Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda: barang siapa yang beriman kepada Allah hari akhir maka hendaknya dia mengormati (tidak menyakiti) tetangganya (orang yang berada di sekelilingnya” . (H.R. Bukhari dan Muslim).

ูˆَุงู„ْุญَูŠَุงุกُ ุดُุนْุจَุฉٌ ู…ِู†َ ุงู„ْุฃِูŠْู…َุงู†ِ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra katanay: Rasulullah Saw bersabda : “Iman terdiri lebih dari tujuh puluh bagian, dan malu dalah salah satu dari bagian-bagian Iman.”

ุญَุฏِูŠْุซُ ุงَู†َุณِ ุจู† ู…ุงู„ูƒ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ :  ุนَู†ِ ุงู„ู†ّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ ู„َุง ูŠُุคْู…ِู†ُ ุงَุญَุฏُูƒُู…ْ ุญَุชَّู‰ ูŠُุญِุจُّ ู„ِุฃَุญِูŠْู‡ِ ุงَูˆْ ู‚َุงู„َ ู„ِุฌَุงุฑِู‡ِ ู…َุง ูŠَุญِุจُّ ู„ِู†َูْุณِู‡ِ

Diriwayatkan dari Anas bin Malik  Ra katnya : Nabi Saw telah bersabda : “tidak sempurna iman seseorang itu, sebelum ia mengasihi saudaranya sebagaimana ia mengasihi dirinya sendiri.”

Demikianlah artikel mengenai kumpulan hadits tentang iman lengkap bahasa arab dan artinya. Insyaallah semua daftar hadist Nabi Muhammad SAW diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memehami apa arti keimanan, islam dan ihsan yang benar. Wallahu a'lam.

1 Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Iman Lengkap Bahasa Arab dan Artinya"

  1. Bagus pr ku selesai karena website ini thanks ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel