Surat Al-Baqarah Ayat 164 dan Terjemahannya

Surat Al-Baqarah Ayat 164 dan Terjemahannya - Pada kesempatan kali ini akan kita share mengenai salah satu surat dalam Al-Quran yaitu surat Al Baqarah. Namun akan dikhususkan hanya pada ayat ke 164 saja sesuai dengan judul.

Kami sediakan versi arab, latin dan terjemahnya. Tidak lpa disertai tafsir jalalayn dari ayat ini agar mudah untuk memahami makna dan isi kandngannya.

Surat Al Baqarah sendiri berarti "sapi betina" dan merupakan salah satu surat terpanjang didalam Al Qur'an dengan panjang ayat mencapai 286 ayat. untuk bacaan surat Al Baqarah secara lengkap 286 ayat, bisa menuju ke link berikut,

Bacaan Surat Al Baqarah Lengkap

Surat Al-Baqarah Ayat 164 dan Terjemahannya

Surat Al Baqarah Ayat 164


Lansung saja berikut ini bacaan surat al baqarah ayat 164 dalam versi tulisan arab dan latin lengkap beserta arti bahasa indonesianya.

Arab


إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Latin


inna fii khalqi alssamaawaati waal-ardhi waikhtilaafi allayli waalnnahaari waalfulki allatii tajrii fii albahri bimaa yanfa’u alnnaasa wamaa anzala allaahu mina alssamaa-i min maa-in fa-ahyaa bihi al-ardha ba’da mawtihaa wabatstsa fiihaa min kulli daabbatin watashriifi alrriyaahi waalssahaabi almusakhkhari bayna alssamaa-i waal-ardhi laaayaatin liqawmin ya’qiluuna

Terjemahan


Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Tafsir Jalalayn Surat Al Baqarah Ayat 64 (Penjelasan Isi Kandungan)


(Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi) yakni keajaiban-keajaiban yang terdapat pada keduanya (serta pergantian malam dan siang) dengan datang dan pergi, bertambah serta berkurang, (serta perahu-perahu) atau kapal-kapal (yang berlayar di lautan) tidak tenggelam atau terpaku di dasar laut (dengan membawa apa yang berguna bagi manusia) berupa barang-barang perdagangan dan angkutan, (dan apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air) hujan, (lalu dihidupkan-Nya bumi dengannya) yakni dengan tumbuhnya tanam-tanaman (setelah matinya) maksudnya setelah keringnya (dan disebarkan di bumi itu segala jenis hewan) karena mereka berkembang biak dengan rumput-rumputan yang terdapat di atasnya, (serta pengisaran angin) memindahkannya ke utara atau ke selatan dan mengubahnya menjadi panas atau dingin (dan awan yang dikendalikan) atas perintah Allah Taala, sehingga ia bertiup ke mana dikehendaki-Nya (antara langit dan bumi) tanpa ada hubungan dan yang mempertalikan (sungguh merupakan tanda-tanda) yang menunjukkan keesaan Allah Taala (bagi kaum yang memikirkan) serta merenungkan.

Demikianlah bacaan surat Al Baqarah ayat 64 arab, latin, terjemahan dan tafsirnya. Semoga bermanfaat dan bisa dipelajari serta diterapkan apa yang menjadi isi kandungan didalamnya. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan