8 Doa Nabi Musa AS Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai kumpulan doa Nabi Musa AS lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya doa doa ini dibaca sebagai bentuk permohonan kepada ALLAH SWT. Doa ini adalah doa para Nabi yang khasiatnya sangat luar biasa dan insyaallah sangat mustajab.

Nabi Musa AS adalah salah satu Nabi utusan ALLAH SWT, namanya berulang kali disebut dalam Al-Quran. Nabi Musa AS memiliki banyak sekali mukjizat, diantaranya adalah mampu membelah laut dengan tongkatnya atas izin ALLAH SWT. Baca : Mukjizat Nabi Musa AS.

Dalam menjalankan dakwahnya menyebarkan agama islam, Nabi Musa mengalami berbagai ujian dan rintangan yang menghadangnya. Untuk itulah Nabi Musa selalu meminta pertolongan dengan berdoa kepada ALLAH SWT. Doa doa Nabi Musa AS ini telah diabadikan dalam kitab suci Al-Quran.


Diantaranya ada teks bacaan doa Nabi Musa melancarkan lisan, ketika dalam kesulitan dan lain sebagainya. Sedangkan cara mengamalkan doa Nabi Musa ini sama saja seperti membaca doa lainnya. Boleh dibaca kapan saja, misalnya setelah sholat.

Kumpulan Doa Nabi Musa AS


Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini daftar 8 doa Nabi Musa AS lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa lebih mudah dipahami makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Nabi Musa Mohon Dimudahkan Segala Urusan


Doa ini berisi hal-hal meminta kemudahan pada ALLAH SWT dan agar dimudahkan dalam ucapan dan lisan untuk memahamkan orang lain ketika ingin berdakwah, juga agar dimudahkan segala urusannya.

 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii.

Artinya:“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”(QS Thaahaa ayat 25-28).

Doa Nabi Musa AS Meminta Kebaikan


رَبِّ إِنّى‏ لِما أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقيرٌ

Rabbi  Inniy limaa anzalta ilayya min khairin faqir.

Artinya:“Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Dikatakan bahwa Nabi Musa AS yang merasa asing di negeri Madyan dan tidak dapat pergi ke mana-mana menuju ke bawah pohon yang rindang untuk berteduh untuk menghilangkan rasa lelah dan karena tidak membawa bekal dan makanan beliau as mengangkat tangan berdoa kepada Allah SWT dengan doa diatas.

Doa Nabi Musa Ketika Dikejar Firaun


الّلهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَأَنْتَ الْمُسْتَعَاُن وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

”ALLAHUMMA LAKAL HAMDU WA ILAIKAL MUSYTAKAA WA ANTAL MUSTA’AN WA LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAHIL ALIYIL ADHIIM”

Artinya : “Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Hanya kepadamu, Ya Allah, kami berkeluh kesah. Engkaulah tempat meminta pertolongan. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha tinggi dan Maha Agung”

Doa Nabi Musa Ketika Dizalimi


رَبِّ نَجِّنى‏ مِنَ القَوْمِ الظَّالِمينَ

Artinya:“Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang lalim itu.”

Doa Nabi Musa Mohon Diberi Hidayah


عَسى‏ رَبّى‏ أَنْ يَهْدِيَنى‏ سَواءَ السَّبيلِ

Artinya:“Mudah-mudahan Tuhanku memberikan hidayat kepadaku ke jalan yang benar”

Doa Nabi Musa Mohon Ampun Kepada ALLAH SWT


رَبِّ إِنّى‏ ظَلَمْتُ نَفْسى‏ فَاغْفِرْ لى

Atinya:“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku.”

Doa-Doa Nabi Musa Lainnya :


رَبَّنا إِنَّنا نَخافُ أَنْ يَفْرُطَ عَلَيْنا اَوْ أَنْ يَطْغى

Artinya:“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami khawatir bahwa ia segera menyiksa kami atau akan bertambah melampaui batas.”

رَبِّ بِما أَنْعَمْتَ عَلَيَّ فَلَنْ أَكونَ ظَهيراً لِلْمُجْرِمينَ

Artinya:“Ya Tuhanku, demi nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, aku sekali-kali tiada akan menjadi penolong bagi orang-orang yang berdosa.”

Demikianlah 8 bacaan doa Nabi Musa AS lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Semoga kumpulan doa diatas bermanfaat dan bisa kita baca dan amalkan sebagai media memanjatkan doa kepada ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan