Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC) Arab, Latin dan Artinya

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC) - Pembahasa kali ini adalah mengenai bacaan doa masuk WC dan doa keluar WC lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Lafadz doa ini hendaknya dibaca ketika kita akan masuk kamar mandi dan ketika hendak keluar. Dengan begitu kita terjaga dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.

Salah satu hal yang diatur dalam agama islam adalah tata cara kita saat masuk dan keluar dari kamar mandi. meski terlihat sepele, Rasulullah SAW selalu mengajarkan untuk mendahulukan kaki kiri saat akan masuk kamar mandi/WC serta mendahulukan kaki kanan saat akan keluar dari kamar mandi/WC. hal lain yang diajarkan Rasulullah SAW tentu saja untuk tidak lupa dalam membaca doa sebelum masuk kamar mandi. Begitu juga saat kita hendak keluar kita juga dianjurkan untuk membaca doa keluar kamar mandi. Ini semua adalah sunnah Rasulullah SAW.

baca juga : doa sebelum dan sesudah makan

Banyak sekali faedah dari membaca doa masuk kamar mandi/kakus/jamban tersebut salah satunya adalah terlindung dari pengelihatan dan godaan syetan yang terkutuk, menunjukkan rasa syukur kita kepada ALLAH SWT atas terangkatnya segala macam penyakit dan kotoran saat kita membaca doa keluar WC/kamar kecil. lafadz doanya sangat pendek dan kami yakin anda bisa menghafalnya dengan mudah, bahkan doa ini sudah umum diajarkan pada saat kita masih kecil. berikut teks bacaan doa masuk dan keluar kamar mandi/WC versi tulisan arab dan latin lengkap beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia.

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi/WC

Doa Masuk Kamar Mandi/WC

اَللهُمَّ إِنّي أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

Artinya : 

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan betina. (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Keluar Kamar Mandi/WC


غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِي اْلأَذَي وَعَافَنِي

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya : 

Ku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan telah menyembuhkan/menyelamatkanku. (HR. Abu Daud).

Semua doa diatas adalah sesuai dengan yang disunnahkan oleh Rsulullah SAW. Berikut ini adalah Hadist tentang Anjuran berdoa ketika masuk dan keluar dari WC atau kamar mandi :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ { كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:

"Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdo’a, "Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan".(HR. Bukhari)

Hadist anjuran berdoa pada saat keluar dari WC/kamar mandi.

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya:

"Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu)."

Demikianlah teks bacaan doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi (WC) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa datas bisa bermanfaat dan kita mampu mengamalkannya secara istiqomah setiap harinya ketika hendak masuk dan keluar dari toilet/kamar mandi. amiin.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan