Daftar 8 Habib Paling Berpengaruh di Indonesia Masa Kini

Daftar 8 Habib Paling Berpengaruh di Indonesia Masa Kini - Habib (habaib : jamak) di kalangan Arab-Indonesia adalah gelar bangsawan Timur Tengah yang merupakan kerabat Nabi Muhammad (Bani Hasyim) dan secara khusus dinisbatkan terhadap keturunan Nabi Muhammad melalui Fatimah az-Zahra (yang berputera Husain dan Hasan) dan Ali bin Abi Thalib. Habib yang datang ke Indonesia mayoritas adalah keturunan Husain bin Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib dan Fatimah binti Nabi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib.

Selain disebut habib, biasanya keturunan langsung Rasulullah disebut dengan sayyid. sedangkan golongan keturunan atau cucu Rasulullah SAW biasa disebut dengan kaum alawiyyin/sadah ba'alwi/ahlul bait. nasab, garis keturunan dan silsilah mereka para habaib atau sayyid jika ditarik keatas maka akan bersambung langsung kepada Nabi SAW.

Dalam sejarah bangsa indonesia, habaib atau habib sendiri memegang peranan penting dalam segala aspek sosial dan kehidupan masyarakat terutama dalam bidang agama. mulai dari zaman penjajahan hingga kini habaib bersama para kyai dan ulama nusantara lainnya selalu menjadi ujung tombak terdepan dalam berjuang untuk berdakwah di jalan ALLAH SWT. jika zaman dahulu, ada nama nama seperti Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi dan Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid yang cukup berpengaruh dan fatwanya didengar oleh pemerintahan kala itu. di masa kini juga ada beberapa nama habib yang cukup dikenal dan cukup berpengaruh pula.

Sesuai judulnya, daftar kali ini bukan berarti habaib tersebut lahir dan tinggal di indonesia. namun setidaknya ia berkontribusi dan memiliki pengaruh dalam perkembangan islam di tanah air serta menjadi rujukan dalam hal agama sehingga ada beberapa nama yang berasal dari luar nusantara namun jasa, fokus utama dan aktifitas dakwahnya tidak bisa lepas dari bumi pertiwi.

Nah, kira kira siapa sajakah mereka. berikut ini daftar 8 nama nama habaib terpopuler dan paling berpengaruh di indonesia masa kini. ketenaran mereka bahkan tidak hanya di tanah air, namun juga telah mendunia. berikut daftar lengkapnya beserta foto dan profil biografi singkat mereka . . .

Daftar 8 Habib Paling Berpengaruh di Indonesia Masa Kini :


Habib Umar bin Hafidz BSA


Habib Paling Berpengaruh

Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz yang dilahirkan pada hari Senin, 27 Mei 1963 M. ia adalah ulama besar dunia asal hadraumut yaman yang juga pendiri sekaligus pengasuh madrasah darul musthafa. banyak sekali pelajar indonesia yang belajar kepadanya, hampir tiap tahun puluhan siswa berangkat untuk menimbah ilmu di darul musthafa dan setelah lulus kembali ke indonesia untuk meneruskan misi dakwah. salah satu muridnya yang sukes dalam berdakwah adalah (alm) Habib Mundzir bin Fuad Al-Musawwa. beliau cukup sering berkunjung ke tanah air dan telah berkeliling di banyak kota kota besar di indonesia setiap tahunnya.


Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki


Habib Paling Berpengaruh

As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki adalah salah seorang ulama Islam dari Arab Saudi yang bergelar professor doktor lulusan Al-Azhar. Dilahirkan pada tahun 1365H atau 1946M di kota Mekkah. Ia berasal dari keluarga Al-Maliki Al-Hasani yang terkenal. Ayahnya adalah As-Sayyid Alawi, seorang ulama terkemuka di Mekkah dan merupakan salah satu penasihat Raja Faisal, raja Arab Saudi. ayahnya juga merupakan guru dari ulama ulama besar indoesia seperti KH Hasyim Ahari (pendiri NU), KH Maimun Zubair, KH Abdullah Faqih (pendiri ponpes langitan) dan masih banyak lagi. adapun sayyid Muhammad Al-Maliki juga menjadi rujukan santri tanah air dalam menimbah ilmu dan dianggap sebagai Imam besar ahlussunnah wal jamaah di zamannya. para ulama tanah air pun mengakui beliau sebagai guru dalam segala bidang keilmuan.

Habib Salim bin Abdullah Asyatiri


Habib Paling Berpengaruh

Habib Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar asy-Syathiri dilahirkan di Kota Tarim, Hadhramaut pada tahun 1359H. Ayahanda beliau, Habib ‘Abdullah adalah pendiri Rubath Tarim yang telah melahirkan ribuan ulama dan santri dari segenap pelosok dunia Islam. muridnya berasal dari berbagai dunia termasuk indonesia. beliau juga beberapa kali berkunjung ke indonesia untuk melakukan safari dakwahnya.

Habib Mundzir bin Fuad Al-Musawwa


Habib Paling Berpengaruh

Siapa yang tak kenal sosok ulama kharismatik ini. beliau Habib Mundzir lahir di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, 23 Februari 1973 – meninggal di Jakarta, 15 September 2013 pada umur 40 tahun. ia adalah pendiri majelis Rasulullah yang merupakan majelis taklim terbesar di indonesia bahkan di dunia. setiap menggelar acara tabligh akbar selalu dihadiri oleh ratusan ribu jamaahnya dari berbagai daerah terutama jakarta. dakwahnya yang santun dan sejuk mudah diterima oleh semua kalngan masyarakat. ia adalah salah satu tokoh dan idola masyarakat indonesia di bidang keagamaan. meski telah meninggal, Habib Mundzir akan selalu dikenang sebagai ulama nusantara paling berpengaruh.

Habib Lutfi bin Yahya


Habib Paling Berpengaruh

Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (lahir di Kota Pekalongan, 10 November 1947; umur 68 tahun, tanggal lahirnya bertepatan dengan 27 Rajab 1367 H) adalah pendakwah (syekh) kelahiran Kota Pekalongan berkebangsaan Indonesia. Selain menjadi pendakwah, Habib Luthfi juga menjadi ketua MUI Jawa Tengah dan Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah. ia memiliki banyak sekali murid dan menjadi idola banyak masyarakat tanah air sebagai panutan.

Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf


Habib Paling Berpengaruh

Habib Syech Assegaf lahir di Solo pada 20 September 1961. ia merupakan sosok habaib yang dikenal berkat suara merdunya dalam melantunkan sholawat kepada Nabi SAW. Habib syech telah berkeliling di hampir seluruh kota di indonesia untuk berdakwah dengan menggelar sholawatan dan selalu dihadiri tokoh masyarakat, pejabat dan petinggi pemerintahan serta ulama setempat. acaranya selalu dihadiri oleh puluhan ribu fans setianya yang menamakan dirinya dengan sebutan syekher mania.

Habib Muhammad Rizieq Shihab


Habib Paling Berpengaruh

Habib Rizieq yang bernama lengkap Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab (lahir di Jakarta, 24 Agustus 1965 dan kini berumur 50 tahun) adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam. nama Habib Rizieq sendiri sangat populer di indonesia dan cukup berpengaruh karena ia selalu menjadi yang terdepan dalam menolak dan melawan segala bentuk kemaksiatan dengan cara yang cukup tegas. organisasi FPI yang dipimpinnya pun memiliki cabang di hampir setiap kota di indonesia dan memiliki jumlah anggota di angka jutaan.

Habib Hasan bin Jakfar Assegaf


Habib Paling Berpengaruh

Habib Hasan bin Ja'far Assegaf atau yang lebih dikenal dengan nama Habib Hasan (lahir di Kramat Empang, Bogor, pada tahun 1977) adalah pemimpin majelis Majelis Taklim Nurul Musthofa Jakarta Selatan. mejelisnya menjadi salah satu yang terbesar dan selalu dihadiri puluhan ribu jamaahnya di jakarta.

Itu tadi 8 habaib yang dianggap paling berpengaruh di tanah air, mereka semua adalah ulama dan dai keturunan Rasulullah SAW yang berjuang dijalan ALLAH SWT dengan ketulusan hati dan tekad yang bulat sehingga seluruh hidupnya dipergunakan untuk menyebarkan ajaran islam. adapun penyebutan ke delapan daftar diatas tetap dengan tidak mengurangi rasa hormat kita kepada seluruh habaib dan ulama yang tetap istiqomah dalam menegakkan ajaran islam. hanya saja nama nama diatas menurut kaca mata penulis merupakan sosok yang paling populer di tengah masyarakat kita saat ini. wallahu a'lam.

10 Replies so far - Add your comment

  1. Biografi Al Habib Hasan https://www.youtube.com/watch?v=VKgXkBSqK8E
    Alhamdulillah masih banyak blog yang membahas habaib...........berkunjung gan ke kelasasyik.com

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik...

    BalasHapus
  3. Anonim16/2/16

    Itu yang berpengaruh ... atau yang antum kenal ... karena masa kini banyak habaib dan ulama yang berpengaruh di indonesia selain beliau yang di sebutkan di atas ... mungkin bisa nt ganti judul beberapa .. ini masukan dr ana ... krn semua ahlul bait itu berpengaruh di indonesia

    BalasHapus
  4. semoga , lentera lentera ulama dan al habip di indonesia maupun di belahan bumi allah . di berikan kesehatan keselamatan dalam peran sebagai pemakmur/penjaga/perawat bumi, sehingga perdamain rakmatan lil ngalamin bisa terwujud untuk semua , amin.

    BalasHapus
  5. subhanallah semoga mereka yag senantiasa mendidik dan mejaga negri ini aminnnn.dan semoga habib habib pada panjang umurnya.

    BalasHapus
  6. Subhanallah.......

    BalasHapus
  7. Syekhermania Jakarta Timur Nderek Bib Syech

    BalasHapus
  8. Anonim18/6/17

    Subhanallah mantap dah...!!

    BalasHapus
  9. Anonim19/6/17

    masya allah habib syech

    BalasHapus
  10. Guru ana , al habib Umar bin abdurrahman asggaf ga di sebutin and ayah beliau syaidil wallid al habib Abdurrahman aseggaf

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan