Bacaan Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Beserta Artinya

Doa keluar rumah dan doa masuk rumah - Kali ini akan dibagikan mengenai bacaan doa masuk rumah dan keluar rumah lengkap teks bahasa arab, latin dan artinya. Sebagai seorang muslim yang taat, sudah semestinya kita menjalankan apa saja yang diperintahkan Allah SWT dan mencontoh segala sesuatu yang dikerjakan Rasulullah SAW. Salah satu amalan sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah senantiasa membaca doa dalam tiap kesempatan.

Doa yang bisa kita ucapkan sehari-hari salah satunya adalah membaca doa sebelum keluar meninggalkan rumah dan doa saat akan memasuki rumah. Meski terlihat sepele, namun doa keluar masuk rumah ini penting untuk diamalkan. Dengan berdoa, segala langkah kita akan diberkahi oleh Allah SWT, begitu pula saat akan masuk ke rumah.

Doa keluar masuk rumah yang diajarkan Nabi tidak panjang, bahkan cenderung sangat pendek dan cukup mudah dihafal. Beberapa muslim sudah diajarkan bacaan doa ini sejak usia belia saat menuntut ilmu agama Islam. Besar harapan dengan membaca doa ini kita selalu terjaga dan dalam lindungan Allah SWT, baik di dalam maupun di luar rumah.

Langsung saja berikut di bawah ini dibagikan teks bacaan doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang benar sesuai sunnah lengkap dalam lafadz Arab, tulisan latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dimengerti dan dipahami isi kandungan dari doa yang kita baca.

(baca juga doa naik kendaraan)


Bacaan Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah


Dalil yang menjadi dasar dalam membaca doa sebelum keluar rumah adalah hadist Rasulullah SAW sebagaimana di­riwayatkan dari Anas bin Malik ra. oleh At-Tirmidzi bahwa Ra­sulullah saw. bersabda:


إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ ׃ بِسْمِ اﷲِ٬ تَوَكَّلْتُ عَلَى اﷲِ٬ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاﷲِ ٬ يُقَالُ لَهُ ׃حَسْبُكَ هُدِيْتَ ٬ وَكُفِيْتَ ٬ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ٠

"Jika seseorang keluar dari rumahnya hendaknya ia membaca: 'Dengan nama Allah, saya bertawakkal kepada Allah, tiada daya tiada upaya melainkan dengan pertolongan Allah semata. Dikatakan kepadanya, 'Cukuplah bagimu, kamu telah mendapat petunjuk dan kecukupan, kamu telah dilindungi dan setan pasti menjauh darinya".

Doa Keluar Rumah


بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

Doa Masuk Rumah


اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

"Allahumma inni as aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi khorojnaa wa alallohi robbinaa tawakkalnaa."

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Nah itulah teks bacaan doa masuk rumah dan doa keluar rumah lengkap Arab, latin beserta artinya bahasa Indonesia. Semoga lafadz doa di atas bermanfaat dan mampu kita amalkan secara istiqomah dan terus menerus. Meskipun hukumnya sunnah, namun membaca doa tersebut dapat menjaga kita dari segala macam godaan syetan dan malapetaka di jalan serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Wallahu a'lam.

1 Komentar untuk "Bacaan Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Beserta Artinya"

  1. terima kasih atas infonya doa yang semoga bermanfaat
    terus update ya min

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel