Daftar 25 Nama Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

25 Nama Nabi dan Rasul - Kali ini akan dibahas tentang urutan 25 nama nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dalam islam. Semua nama nama nabi dan rasul ini wajib kita imani karena termasuk dalam rukun iman.

Seperti yang kita ketahui salah satu rukun iman diantaranya adalah beriman kepada nabi dan rasul. jumlah nabi sendiri sangat banyak mencapai ratusan ribu. namun kita hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 nabi saja. setiap nabi belum tentu rasul sedangkan setiap rasul sudah pasti nabi.

Nabi diutus oleh ALLAH SWT untuk menegakkan syariat yang telah ada sebelumnya sedangkan rasul diutus untuk membawa ajaran/syariat baru oleh ALLAH SWT. setiap zaman selalu diutus nabi dan rasul untuk membimbing umat manusia, sedangkan kita adalah umat terakhir yang dipimpin oleh nabi terkahir pula Rasulullah SAW.

Dalam perjalanannya 25 nabi dan rasul utusan ALLAH SWT diberi mukjizat sebagai bukti atas kenabian mereka. mukjizat masing masing nabi berbeda beda, ini dimaksudkan agar ummat mereka percaya dan mengakui bahwa para nabi dan rasul tersebut adalah utusan ALLAH SWT. nama nabi pertama adalah nabi Adam sedangkan nabi terakhir sekaligus penutup para nabi adalah nabi kita semua Muhammad SAW.

baca juga : nama anak Nabi Muhammad SAW

Terdapat juga para nabi yang mendapat gelar ulul azmi karena keistimewaannya. dari nama 25 nabi, hanya ada 5 nabi saja yang mendapatkan gelar ulul azmi. mereka yang mendapat gelar ulul azmi adalah yang memiliki kesabaran dan ketabahan luar biasa dalam menyebarkan ajaran Allah SWT serta selalu mendoakan agar kaumnya senantiasa diberi hidayah dan selamat dari segala adzab. berikut nama nama nabi yang termasuk dalam ulul azmi.

1. Nuh AS
2. Ibrahim AS
3. Musa AS
4. Isa AS
5. Muhammad SAW

Untuk itu sebagai bentuk kewajiban dan kesempurnaan iman kita sebagai muslim, maka muslim fiqih menyajikan daftar nama nama 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui dalam islam . . .

Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul

25 Nama Nabi dan Rasul :

1. Adam AS

2. Idris AS

3. Nuh AS

4. Hud AS

5. Soleh AS

6. Ibrahim AS

7. Luth AS

8. Ismail AS

9. Ishak AS

10. Yakub AS

11. Yusuf AS

12. Ayub AS

13. Syuaib AS

14. Musa AS

15. Harun AS

16. Zulkifli AS

17. Daud AS

18. Sulaiman AS

19. Ilyas AS

20. Ilyasa AS

21. Yunus AS

22. Zakaria AS

23. Yahya AS

24. Isa AS

25. Muhammad SAW

Urutan 25 nama nama nabi dan rasul diatas wajib kita imani sebgai utusan ALLAH SWT. mereka adalah orang orang pilihan yang terbebas dari dosa dan memiliki kedudukan paling tinggi diantara seluruh manusia lainnya. kita sendiri adalah umat nabi Muhammad SAW yang merupakan kekasih ALLAH SWT dan pemimpin para nabi. semoga kita tidak menyia - nyiakan nikmat sebagai umat nabi Muhammad SAW. wallahu a'lam.

2 Komentar untuk "Daftar 25 Nama Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui"

  1. anak sekarang mana tahu urutan nama nabi dan rosul

    BalasHapus
  2. Insya Allah, kalau kita mau dan sabar sebagai orang tua tak ada yg tak bisa bagi anak dalam menimba ilmu terutama Agama Islam .....Amin.


    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel