Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini dibaca khusus saat sedang turun hujan, dengan berdoa kepada ALLAH SWT maka hujan yang turun akan penuh dengan rahmat dan kebaikan serta membawa manfaat.

doa ketika turun hujan

Jadi ketika air hujan tercurah dan jatuh membasahi bumi kita dianjurkan untuk berdoa. Rasulullah SAW berpesan untuk memanfaatkan hujan sebagai momen berdoa karena dalam rentang waktu itu termasuk saat-saat mustajab. Nabi SAW bersabda sebagai berikut :

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

Artinya : “Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”

Melihat dalil diatas, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berdoa memohon kepada ALLAH SWT ketika turun hujan dan sesudah hujan reda. Selain berdoa, kita juga harus bersyukur karena turunnya hujan adalah rahmat dari ALLAH SWT.

Adapun lafadz doa turun hujan dan ketika hujan reda sangat pendek dan mudah dihafal. Langsung saja berikut ini teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Ketika Turun Hujan


 اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Alloohumma shoyyiban naafi 'an

Artinya : Ya Allah, semoga hujan yang Engkau turunkan ini lebat dan membawa manfa’at.

Doa diatas dibaca ketika hujan turun, besar harapan dengan membaca doa diatas, maka hujan yang turun membawa rahmat dan bermanfaat bagi semua makhluk. sedangkan ketika hujan sudah selesai atau mulai reda, maka ada doanya juga. Berikut ini bacaan doa setelah selesai hujan (reda) :

Doa Setelah Selesai Hujan (Reda)


 مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya : Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.

Demikianlah teks bacaa doa ketika turun hujan dan setelah hujan selesai (reda) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan lafadz doa hujan diatas bisa istiqomah dibaca dan amalkan saat sedang turun hujan. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel