Niat Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Sholat tahiyatul masjid dilaksanakan ketika kita masuk ke dalam masjid. Dan selain tata cara lainnya yang harus dipelajari, kita juga harus tahu lafadz niat sholat tahiyatul masjid.

niat shalat tahiyatul masjid

Hukum menerjakan shalat tahiyatul masjid adalah sunnah dan dikerjakan sebanyak 2 rakaat. shalat tahiyatul masjid dikerjakan sebagai penghormatan kepada masjid. Jadi siapapun yang memasuki masjid baik laki laki atau perempuan dan di waku apapun baik siang atau malam dianjurkan untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid ketika masuk kedalam masjid. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam haditsnya sebagai berikut :

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَادَخَلَ اَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسَ حَتّٰى يُصَلِّى رَكْعَتَيْنَ

Artinya: Rasulullah Saw bersabda." Apabila seseorang diantara kamu masuk Masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid)." (H.R Bukhari dan Muslim).

Tata cara pengerjaan sholat tahiyatul masjid sendiri adalah dikerjakan sebelum kita duduk saat memasuki masjid. Jadi ketika anda masuk ke dalam masjid, jangalah anda duduk terlebih dahulu, tetapi langsung mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid. Secara umum cara sholat tahiyatul masjid hampir sama dengan shalat sunnah lainnya, hanya bacaan niatnya saja yang membedakan.

Dan untuk lebih jelasnya langsung simak berikut ini teks bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya kita mengerti makna dan isi kandungan niat yang kita baca.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid


 اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta'ala"

Itulah teks bacaan niat shalat tahiyatul masjid yang benar lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan kita dijadika hamba yang istiqomah untuk mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Niat Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel