Doa Minum Air Zam Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan doa minum air zam zam lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hal ini sekaligus menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk membaca lafadz doa ketika meminum air zam-zam. Akan dijelaskan juga tentang sunnah sunnah saat minum air zam zam.

Doa Minum Air Zam Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Zam-zam sendiri merupakan air yang stimewa dan berbeda dengan air biasanya. Ada adab adab dan sunnah yang hendaknya kita jaga dan kerjakan agar semakin berkah dan membawa manfaat kebaikan bagi yang meminumnya. Beberapa sunnah saat meminum air zam zam adalah mengucap basmalah, berdoa dan berdiri ketika minum air zam zam. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari berikut ini :

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

Artinya : “Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah SAW dan beliau meminumnya sambil berdiri.”

Melihat penjelasan diatas, maka sudah seharusnya kita membaca bismillahirrahmanirrakhim lalu berdoa. Sebenarnya kita bisa berdoa apa saja kepada ALLAH SWT. Isi dengan doa yang baik baik. Namun dibawah ini akan kami share salah satu lafadz doa ketika minum air zam-zam yang mungkin bisa anda amalkan.

Langsung saja berikut ini teks bacaan doa minum air zam zam lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Minum Air Zam Zam


اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya : Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Doa diatas adalah salah satu doa ketika meminum air zam zam yang bisa kita baca, anda juga bisa mengucapkan lafadz dibawah ini saat akan minum air zam-zam :

"Yaa Maa’u Yaa Maa’u Zam zam, Uqri’ukassalam"

Artinya : wahai air zam zam, kuucapkan untukmu salam sejahtera.

Kemudian lanjutkan dengan berdoa apa saja.

Selain membaca doa sebelum minum air zam zam, hendaknya kita juga memasang niat yang benar dan lurus ketika meminumnya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW dikatakan sebagai berikut ini :

“Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar; telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim berkata; Abdullah bin Mu`ammal berkata; bahwa ia mendengar Abu Az Zubair berkata; Aku mendengar Jabir bin Abdullah radliallahu ‘anhu, ia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Air Zam-zam (berkhasiat) sesuai dengan niat (tujuan) diminum (oleh penggunanya)’.

Maka dari itu hendaklah kita selalu menjaga adab mulai dari membaca basmalah hiingga membaca doa khusus saat akan minum air zam zam. Jangan lupa juga niatkan dengan niat yang baik baik. Insyaallah air zam-zam yang kita minum akan bermanfaat dan barakah.

Itulah teks bacaan doa minum air zam zam lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa istiqomah diamalkan. Wallahu a' lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Minum Air Zam Zam Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel