Niat Sholat Rawatib (Shalat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah) Lengkap

Kali ini akan dibahas tentang bacaan niat sholat rawatib (niat shalat sunnah qobliyah dan niat sholat sunnah ba'diyah) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Sholat qabliyah adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum shalat fardhu, sedangkan sholat ba'diyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah shalat fardhu. Jadi secara umum sholat rawatib adalah shalat yang dilakukan sebelum dan sesudah mengerjakan shalat wajib lima waktu.

Niat Sholat Rawatib (Shalat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah) Lengkap

Shalat Rawatib terbagi menjadi dua, yang pertama adalah shalat sunah rawatib muakkad dan yang kedua adalah shalat sunnah rawatib ghairu muakkad. Jika ditotal maka shalat rawatib ini berjumlah 12 rakaat atau boleh 10 rakaat, Sepuluh rakaat sholat sunah rawatib ini oleh para ulama di golongkan sebagai sholat sunah rawatib muakkad (yang sangat penting dan dianjurkan). Berikut penjelasannya :

  • Dua rakaat sebelum Zhuhur
  • Dua rakaat sesudah Zhuhur
  • Dua rakaat sesudah Maghrib
  • Dua rakaat sesudah Isya
  • Dua rakaat sebelum Shubuh

Hal tersebut berdasarkan dalil hadits berikut ini :

 عَنِ ابْنِ عُمَرَ - رضى الله عنهما – قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - عَشْرَ رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ

Artinya : Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata: "Telah aku hapal dari Rasulullah SAW 10 raka'at; 2 raka'at sebelum Zhuhur, 2 raka'at setelahnya, 2 raka'at setelah Maghrib di rumahnya, 2 raka'at setelah Isya' di rumahnya dan 2 raka'at sebelum shalat shubuh". (Hadits riwayat Bukhari).

 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Artinya : Dari Aisyah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Sesiapa yang sentiasa (berterusan) mengerjakan  solat (sunat) 12 rakaat, Allah SWT akan membina rumah baginya di syurga, iaitu; 4 rakaat sebelum solat Zuhur dan 2 rakaat selepas Zuhur, serta 2 rakaat sesudah Maghrib, 2 rakaat  selepas Isyak dan 2 rakaat lagi sebelum solat Subuh.” (Hadis riwayat Turmizi r.a.)

Secara umum tata cara pengerjaan shalat sunnah rawatib ini sama saja dengan shalat sunnah dan wajib lainnya. Hanya saja lafadz niat shalat sunnah rawatib jelas berbeda. Maka dari itu anda haruslah mempelajar dan menghafalnya jika ingin mengerjakan shalat qobliyah dan shalat ba'diyah.

Dan bagaimana bacaan niat sholat rawatib yang benar? Simak berikut ini doa niat sholat sunnah qobliyah dan niat sholat badiyah setelah sholat fardhu (sholat rawatib muakkadah).

Niat Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba'diyah


Untuk lebih jelasnya berikut ini bacaan niat sholat rawatib (niat sholat qabliyah sebelum sholat fardhu dan niat sholat ba'diyah setelah sholat fardhu) yang benar lengkap tulisan bahasa arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Sholat Sunnah Qobliyah Subuh


اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash-shubhi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'aala

Artinya : "Saya niat shalat sunat sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap qiblat  karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Qobliyyah Dzuhur


اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatazh-zhuhri rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala

Artinya : "Saya niat shalat sunah sebelum dzuhur dua rakaat, dengan menghadap qiblat karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Ba'diyah Zhuhur


اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnataz-zhuhri rok'ataini ba'diyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Saya niat shalat sunah setelah dzuhur dua rakaat, dengan menghadap qiblat, karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Ba'diyah Maghrib


اُصَلِّى سُنَّةً الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal maghribi rok'ataini ba'diyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala

Artinya : "Saya niat shalat sunah setelah maghrib dua rakaat, dengan menghadap qiblat, karena Allah ta'ala"

Niat Sholat Sunnah Ba'diyah Isya


اُصَلِّى سُنَّةً الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatal 'isya'i rok'ataini ba'diyyayan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aala

Artinya : "Saya niat shalat sunah setelah 'isya dua rakaat, dengan menghadap qiblat, karena Allah ta'ala"

Keutamaan Sholat Rawatib (Qobliyah/Ba'diyah)


Banyak sekali manfaat dan keutamaan mengerjakan sholat sunnah rawatib qobliyah dan ba'diyah  Berikut ini beberapa dalil hadist yang menjelaskan tentang kesunnahan dan keutamaan shalat sunnah rawatib sebelum dan setelah sholat wajib 5 waktu :

 صَلَيْتُ مَعَ رَسُوْلُ الله ص م رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا

Artinya : "Dari Ibnu Umar ra. Ia berkata: Saya telah mengerjakan sholat bersama rasulullah saw dua rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sesudahnya." (H.R Bukhari dan Muslim)

كَانَ يُصَلِّى اَرْبَعًابَعْدَ أَنْ تَزَوْلَ الشَّمْسُ قَبْلَ الظُّهْرِ وَقَالَ:إِنَّهَاسَا عَةٌ تُفْتَحُ فِيْهَا اَبْوَابُ السَّمَاءِ فَأُحِبَّ أَنْ يَصْعَدَلِى فِيْهَا عَمَلٌ صَالِحٌ

Artinya: "Dari Abdullah bin Assaib R.a, sesungguhnya rasululullah saw biasa melaksanakan shalat  sunah sebelum zhuhur empat rakaat dan beliau bersabda: sesunggunya ini adalah saat terbuka pintu langit, maka saya ingin naik dari padaku amal kebaikan." (H.R Turmudzi)

كَانَ النَّبِّىُ ص م يُصَلِّى قَبْلَ الْعَصْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيْمُ عَلَى الْمَلَا ىِٔكَةِالْمُقَرَّبِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:" Dari Ali bin abi thalib Ra. Ia berkata : Adalah nabi Muhammad Saw biasa melaksanakan shalat empat rakaat sebelum Ashar dipisah dengan dua salam, memberi salam kepada malaikat muqarrabin dan pengikut mereka dari kaum muslimin dan mukminin." (H.R Turmudzi)

صَلَيْتُ مَعَ رَسُوْلُ اللهُ ص م رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ

Artinya: "Dari Ibnu Umar Ra. ia berkata: Saya sholat bersama Rasulullah Saw dua rakaat sebelum  zhuhur, dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah jum’at, dua rakaat sesudah maghrib dan dua rakaat sesudah Isya." (H.R Bukhari dan Muslim)

كَانَ لَايَدَعُ اَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: "Dari Aisyah Ra. sesungguhnya Nabi Saw tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sebelum shubuh." (H.R Bukhari)

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الذُّنْيَا وَمَا فِيْهَا ،لَهُمَا : اَحَبُّ اِلَيَّ مِنَ الذُّنْيَا جَمِيْعًا

Artinya: "Dari Aisyah Ra. dari Nabi Saw beliau bersabda: Dua rakaat sebelum shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya. (H.R Muslim) dalam riwayat lain dinyatakan sebagai berikut: saya lebih menyukai dari pada dunia dan seisinya.

Demikianlah bacaan doa niat sholat rawatib (niat sholat sunnah qobliyah dan niat sholat sunnah ba'diyah) yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz niat diatas bermanfaat dan kita dijadikan hamba yang istiqomah dalam mengerjakan shalat sunnah rawatib. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Niat Sholat Rawatib (Shalat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel