Bacaan Niat Puasa Rajab Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan di bahas mengenai bacaan niat puasa rajab lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan rajab. Akan dijelaskan juga manfaat dan keutamaan bagi yang mengerjakan puasa rajab.

Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh hijriyah yang merupakan salah satu bulan haram, artinya adalah bulan yang dimuliakan. Dalam Islam dikenal ada empat bulan haram yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Khusus untuk bulan rajab, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan salah satunya adalah puasa rajab.

niat puasa rajab

Puasa rajab/rejeb sendiri adalah salah satu puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan rajab. Karena hukumya sunnah, maka boleh dikerjakan dan boleh juga tidak. Namun manfaat dan keutamaan puasa rojab ini sangatlah besar sehingga sayang jika ditinggalkan.

Secara umum tata cara puasa rajab sendiri hampir sama dengan puasa-puasa lainnya. Hanya saja  lafadz niat puasa rajab berbeda. Maka dari itu anda yang ingin mengerjakannya haruslah hafal dan mempelajari bacaan niatnya.

Dan untuk lebih jelasnya simak berikut ini teks bacaan niat puasa sunnah rajab yang benar lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya kita tahu makna dan arti dari niat yang kita baca.

Niat Puasa Rajab


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rojabi, Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa.

Artinya : Saya Niat Berpuasa Besok Hari Di Bulan Rajab, Sunnah Karena Allah Ta'ala.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Rajab


Bulan rajab adalah bulan yang istimewa, karenanya menjalankan ibadah puasa sunnah bulan rajab jelaslah memiliki fadhilah dan khasiat yang sangat besar bagi yang menjalankannya. Berikut ini beberapa dalil hadits yang menjelaskan manfaat dan keutamaan puasa sunnah rajab :

Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya". (HR. At-Tabrhani).

Sabda Rasulullah SAW : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril A.S: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?” Maka berkata Jibrilb A.S:  “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.

Diriwayatkan oleh Anas BinMalik bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdo’a :“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab ini dan juga Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad)

Rasulullah SAW  bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

Demikianlah bacaan niat puasa rajab lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa niat diatas bermanfaat dan bisa menjadikan kita istiqomah dalam menjalankan puasa sunnah bulan rajab. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Rajab Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel