Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin, dan Terjemahannya

Doa niat puasa Ramadhan - Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita harus mengucapkan bacaan niat terlebih dahulu. Lafadz niat ini wajib dibaca ketika kita akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu juga ada lafadz niat puasa Ramadhan sebulan penuh untuk berjaga-jaga apabila kita lupa membaca tiap harinya.

Salah satu ibadah wajib umat Islam adalah menjalankan puasa ramadhan. Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnnya wajib bagi setiap orang Islam karena termasuk dalam rukun Islam yang ke-4. Siapa saja yang meninggalkan ibadah puasa akan mendapatkan dosa, sehingga bagi siapapun yang meninggalkannya wajib baginya untuk mengqodho atau menggantinya.

Puasa atau saum adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Sedangkan secara bahasa, puasa artinya menahan atau mencegah. Terdapat banyak sekali macam ibadah puasa dalam Islam, namun yang wajib hanyalah puasa Ramadhan, sedangkan puasa lainnya hukumnya sunnah.

Dengan begitu jangan menyepelekan ibadah puasa di bulan Ramadhan, meninggalkannya dengan mudah tanpa sebab alasan yang benar adalah perbuatan dosa. Sebaliknya, melaksanakannya dengan tulus dan ikhlas adalah keuntungan yang tak ternilai harganya serta mendapatkan pahala.

Puasa Ramadhan sendiri adalah salah satu ibadah paling afdhol dengan limpahan pahala yang besar dan tak terhingga, apalagi bulan ramadhan sendiri adalah bulan mulia yang dimana pahala akan dilipatgandakan pada bulan tersebut. Sehingga merugilah seseorang yang masuk dalam bulan Ramadhan namun ia tidak melakukan ibadah dan berbagai amal sholeh lainnya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran

“ Jika telah masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu langit, dan tertutup pintu-pintu neraka jahannam, serta syaitan-syaitan dibelenggu”

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa".

Salah satu tata cara dalam menjalankannya adalah dengan membaca niat puasa Ramadhan. Adapun lafadz dan bacaan niatnya akan dibagikan pada kesempatan kali ini. Niat puasa diucapkan pada saat sahur atau pada malam hari sebelum menjalankan puasa di keesokan harinya.

(baca juga doa berbuka puasa Ramadhan)

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemah

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan


Berikut ini merupakan bacaan doa niat puasa Ramadhan yang benar dalam lafadz Arab dan teks latin lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Lafadz Arab

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ فرضا لِلـّهِ تـَعَالىَ

Teks Latin

Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati fardhol lillahita'ala

Terjemahan Bahasa Indonesia

"Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh


Doa niat puasa Romadhon ini dibaca hanya sekali saja yaitu saat pertama kali berpuasa atau pada sahr pertama di bulan ramadhan. Ini adalah niat puasa selama sebulan penuh sekaligus untuk berjaga-jaga bila nanti pada hari-hari berikutnya kita lupa melafalkan niat puasa Ramadhan.

Namun meskipun kita telah membaca bacaan niat ini, tetap dianjurkan dan lebih afdhol jika kita juga selalu berniat dengan bacaan niat sehari hari seperti tercantu di atas. Nah berikut niat puasa Ramadhan selama sebulan penuh selengkapnya.

Lafadz Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Teks Latin

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa

Terjemahan Bahasa Indonesia

"Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"

Nah sekian pembahasan mengenai bacaan doa niat puasa Ramadhan yang benar dan tepat dalam lafadz Arab, tulisan latin beserta arti dan terjemahannya bahasa Indonesia. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan selalu mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Amiin.

1 Komentar untuk "Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin, dan Terjemahannya"

  1. Alhamdulillah..
    Sangat mendukung dgn semua ini
    Amiin,.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel