Doa Terhindar Dari Siksa Kubur Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai teks bacaan doa terhindar dari siksa kubur lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa ini hendaknya dibaca dan diamalkan agar kita senantiasa terjada dan selamat dari berbagai siksa dan azab kubur.

Seperti yang kita ketahui, setiap yang bernyawa pasti akan mati dan mempertanggung jawabkan semua yang dilakukannya di dunia. Jika ia merupakan seorang pendosa, maka tempatnya adalah di neraka, jika ia orang yang beriman, maka tempatnya adalah di surga.

Namun sebelum mencapai tahapan surga dan neraka, masih ada beberapa jalan yang mesti sitempuh, salah satunya ada pada alam kubur atau alam barzah. Saat seseorang meninggal, hal pertama yang menanti adalah pertanyaan di dalam kubur.

Alam kubur adalah alam penantian menuju akhirat, namun disini ALLAH SWT sudah menunjukkan bagaimana ganjaran untuk tiap-tiap hambanya yang patuh serta yang berdosa. Seseorang yang banyak dosanya akan diberi siksa kubur hingga hari kiamat tiba.

Siksa kubur adalah sesuatu yang nyata yang pasti adanya berdasarkan keterangan dari hadist-hadits Rasulullah SAW. Para ulama Salaf telah bersepakat menetapkan adanya adzab kubur. Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Adzab kubur itu haq, tidaklah diingkari kecuali oleh orang yang sesat dan menyesatkan.”[Thobaqot al-Hanabilah 1/62].

Doa Terhindar Dari Siksa Kubur Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bagi orang yang berbuat maksiat di dunia, maka kubur adalah tempat pertama untuknya merasakan siksa dan adzab dari ALLAH SWT. Maka dari itu, hendaknya mulai sekarang kita selalu memohon perlindungan kepada ALLAH SWT dan membaca doa keselamatan dari siksa kubur. Insyaallah dengan memohon keselamatan kepada ALLAH SWT, kita akan terhindar dan dijauhkan dari berbagai kesulitan dan kesusahan di alam kubur.

Lalu bagaimana lafadz doa berlindung dari siksa kubur yang benar? Langsung saja simak berikut ini teks bacaan doa terhindar dari siksa kubur sesuai sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dipahami makna dan isi kandungannya.

Doa Dijauhkan Dari Siksa Kubur dan Azabnya


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.
 
Artinya :“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.”

Kemudian, selain membaca doa agar dijauhkan dari azab kubur seperti diatas, jangan lupa untuk senantiasa membaca Surah Al - Mulk ( Tabaarak ) pada setiap malam setidaknya malam Jumat. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

Rasullulah saw menyebutkan Surah ini dengan " Al - Maani'ah " ( Pencegah , penahan dari siksaan ) dimana beliau bersabda ; " Dialah surah Pencegah yang mencegah pembacanya dari siksa Kubur "  Riwayat An - Nasaa'i . Hadis Riwayat At - Turmudzi meneruskan Ibnu ' Abbaas ( Hasan ).

Dalam hadits lainnya :

"Barang Siapa yang pada setiap malam membaca Tabaarak .. , maka  dia akan dicegahkan oleh Allah ' Azza Wa Jalla dari siksa Kubur " HR. An - Nasaa'i melalui Ibnu Mas'uud . 

Demikianlah teks bacaan doa terhindar dari siksa kubur lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa senantiasa kita amalkan dan baca setiap hari agar kita dijauhakn dan selamat dari siksa dan azab kubur yang pedih. Wallahu a'lam. 

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan