Doa Menghafal Al-Quran dengan Cepat dan Mencegah Lupa

Doa menghafal Al-Quran - Al-Quran adalah kitab suci yang mulia dan merupakan pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia. Membaca dan bahkan mendengarkannya saja kita mendapatkan pahala dan keutamaannya. Apalagi jika kita bisa menghafalnya (hafidz), maka insyaallah kita akan ikut mulia berkat Al-Quran tersebut.

Menjadi penghafal Al Quran sendiri tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan agar kita cepat menghafal Al-Quran, seperti menjaga sholat 5 waktu, tidak melakukan maksiat kepada Allah SWT, bangun untuk shalat malan, tidak makan berlebihan, dan lain sebagainya. Selain semua hal tersebut, ada baiknya anda mengamalkan bacaan doa untuk menghafal Al-Quran dan mencegah lupa.

Dengan mengamalkan doa ini, besar harapan hafalan kita menjadi kuat dan ayat-ayat Quran tidak mudah hilang dari ingatan kita. Doa ini jelas sangat cocok bagi anda yang kesulitan dalam menghafalkan Alquran. Tambah pula dengan mengamalkan shalat hifidh, yakni shalat yang dianjurkan untuk menguatkan hafalan Al Qur'an seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Sayyidina Ali bin Abi Thablib.

Nah di bawah ini akan dibagikan teks bacaan doa untuk menghafal Al Quran dalam lafadz Arab dan tulisan latin lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya. Doa khusus untuk para penghafal Al Quran di bawah ini langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW.

(baca juga doa diberi kecerdasan berfikir dan menghafal)


Doa Menghafal Al-Quran


Ketika Ali mengeluh kepada Rasulullah SAW tentang hafalannya dan berkata, "Demi ayah dan ibuku, hafalan Alquran ini terlupakan dari ingatanku, dan aku tidak mampu mengembalikan hapalan itu."

Rasulullah SAW pun bersabda,

الَلّهُمَّ أَنْ أَسْأَلُكَ أَنْ تُلَزِّمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابَكَ، كَمَا عَلَّمْتَنِيْ وَاْرُزقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يَرْضِيْكَ عَنّيِ...

Allahumma an as aluka an tulazzima qalbii hifzha kitabaka, kama ‘allamtanii warzuqni an atluwahu ‘alan nahwilladzi yardhiika ‘annii.

Artinya :

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar memenuhi hatiku dengan hapalan akan kitab-Mu, sebagaimana Engkau mengajarkan kepadaku. Karuniakanlah kepadaku agar dapat membacanya sesuai dengan yang Engkau ridhai dariku." (HR. At-Tirmidzi)

Selain bacaan doa di atas, baca pula doa menghafal Al Quran yang juga diajarkan oleh Rasulullah SAW di bawah ini:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي وَارْحَمْنِي أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِينِي وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ فِيمَا يُرْضِيكَ عَنِّي اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزِمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيكَ عَنِّيَ اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَأَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِي وَأَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ قَلْبِي وَأَنْ تَشْرَحَ بِهِ صَدْرِي وَأَنْ تَغْسِلَ بِهِ بَدَنِي فَإِنَّهُ لَا يُعِينُنِي عَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

Artinya :

Ya Allah, rahmatilah aku untuk meninggalkan kemaksiatan selama Engkau masih menghidupkanku, dan rahmatilah aku untuk tidak memperberat diri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagiku, berilah aku rizki berupa kenikmatan mencermati perkara yang mendatangkan keridha’an-Mu kepadaku. Ya Allah, wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan serta keperkasaan yang tidak pernah habis. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha Pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu agar mengawasi hatiku untuk menjaga Kitab-Mu, sebagaimana Engkau telah mengajarkannya kepadaku, dan berilah aku rizki untuk senantiasa membacanya hingga membuat-Mu ridha kepadaku. Ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Zat yang memiliki kebesaran, kemulian dan keperkasaan yang tidak pernah habis. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu agar Engkau menerangi pandangan mataku dengan Kitab-Mu dan melancarkan lidahku, lenyapkanlah kesusahan dari hatiku, lapangkanlah dadaku dan basuhlah badanku dengan Al-Qur’an, sesungguhnya tidak ada yang dapat membantuku untuk mendapatkan kebenaran selain Engkau, dan juga tidak ada yang bisa memberi kebenaran itu selain Engkau. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Nah itulah doa menghafal Al-Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa sesuai ajaran Rasulullah SAW. Bacalah doa di atas sebelum proses menghafal atau bisa kapan saja dan yakinlah insyaallah kita akan lebih mudah dalam menghafal ayat-ayat dalam Al Quran dan ingatan tentang Al Quran akan kuat dan tidak akan mudah hilang. Dan yang terpenting jangan lupa mengamalkan doa sebelum membaca Al Quran. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Menghafal Al-Quran dengan Cepat dan Mencegah Lupa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel